kamar mandi sehat
Sumber: thebluespace

Kamar mandi termasuk tempat yang paling mudah lembap dan basah di dalam area rumah. Hal ini membuat area kamar mandi tak sehat karena paling rentan ditumbuhi kuman, bakteri dan jamur.

Apalagi area kamar mandi biasanya bukan hanya digunakan untuk aktivitas mandi, tapi juga untuk buang air dan bahkan untuk mencuci pakaian. Berbagai aktivitas dan kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan tanpa disadari itu membuat area kamar mandi tak sehat. Kira-kira apa saja sih penyebab yang biasanya bikin kamar mandi jadi tak sehat?

penyebab kamar mandi tak sehat
Sumber: homebunch

Membiarkan Kamar Mandi Kurang Ventilasi

Ventilasi jadi salah satu unsur paling penting untuk kriteria kamar mandi sehat. Sehingga dengan ventilasi yang cukup, udara di kamar mandi dapat dengan mudah bertukar dengan udara segar dari luar. Kamar mandi pun jadi tidak lembap dan pengap. Ventilasi yang cukup bukan hanya bagus untuk sirkulasi udara kamar mandi, tapi juga agar kamar mandi mendapatkan cahaya matahari yang cukup lho, Sobat Rooang.

kamar mandi tak sehat
Sumber: lovecreatecelebrate

Tak Membersihkan Bekas Sabun Usai Mandi

Sisa-sisa bekas sabun yang bertebaran di lantai kamar mandi, sebaiknya selalu dibersihkan setiap kali Sobat Rooang usai mandi. Karena efeknya jika dibiarkan terlalu lama akan membekas di lantai kamar mandi dan membuat lantai jadi mudah ditumbuhi jamur, bakteri serta kuman. Tentunya sisa bekas sabun mandi juga bisa bikin lantai kamar mandi jadi licin nih. Jadi usahakan setiap usai mandi minimal selalu membersihkan lantai kamar mandi ya.

yang menyebabkan kamar mandi kotor
Sumber: showyourvote

Kamar Mandi Tak Sehat Karena Jarang Menguras Bak Air

Kamar mandi Sobat Rooang menggunakan bak air? Berapa kali Sobat Rooang menguras dan membersihkannya? Bak air di kamar mandi rentan jadi sarang bakteri lho, Sobat Rooang. Karena itu usahakan untuk rutin menguras dan membersihkannya minimal setiap seminggu sekali ya. Sambil membersihkannya, sebaiknya Sobat Rooang juga menyikat seluruh bagian dalam bak air dengan menggunakan cairan pembersih khusus.

yang menyebabkan kamar mandi tak sehat
Sumber: lonny

Memasang Wallpaper Pada Dinding Kamar Mandi

Memasang wallpaper memang bikin dinding jadi terlihat cantik. Tapi jika dipasang di dinding kamar mandi, wallpaper justru bikin dinding kamar mandi jadi lembap dan mudah ditumbuhi jamur sehingga menyebabkan kamar mandi tak sehat lho. Pemasangan wallpaper pada dinding kamar mandi juga bikin dinding kamar mandi susah dibersihkan nih, Sobat Rooang. Jadi sebaiknya pertimbangkan lagi keinginan untuk memasang wallpaper di kamar mandi ya. Jika ingin dinding kamar mandi memiliki motif, Sobat Rooang bisa menggunakan keramik yang punya banyak pilihan motif dan warna.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!