Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tips mudik dengan tenang
Sumber: ozarchitects

Momen lebaran memang selalu identik dengan momen untuk mudik. Tujuannya berkumpul dan silaturrahmi dengan keluarga besar. Jadi tak jarang saat ditinggal mudik, rumah yang sehari-hari ditempati pun jadi kosong. Tapi yang jadi perhatian adalah gimana caranya biar rumah aman ditinggal mudik berhari-hari. Mengingat rumah yang dibiarkan kosong dalam waktu lama cukup rawan menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan.

Agar Sobat Rooang bisa mudik dengan tenang, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan loh supaya rumah aman ditinggal mudik nanti.

Agar Rumah Aman Ditinggal Mudik Pastikan Semua Sudah Dikunci

Sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, pastikan semua bukaan, jendela serta pintu yang memungkinkan untuk jadi akses masuk rumah terkunci rapat ya! Agar lebih aman, kamu juga bisa menambahkan gembok atau kunci ganda. Jangan lupa juga untuk mengunci pagar rumah.

rumah aman ditinggal mudik
Sumber: familyandhomesecurity

Cabut Aliran Gas Serta Listrik Yang Tak Digunakan

Bukan hanya keamanan rumah dari kejahatan yang perlu diwaspadai, tapi juga kemungkinan-kemungkinan lain yang tak diinginkan. Misalnya seperti terjadi kebakaran akibat korsleting listrik atau kebocoran gas saat rumah ditinggal mudik. Jadi daripada kamu was-was dan tidak tenang saat mudik, sebaiknya kamu cabut aliran gas serta listrik-listrik yang tak terpakai.

agar rumah aman ditinggal mudik
Sumber: Pinterest

Jangan Tinggalkan Rumah Dalam Keadaan Gelap

Mematikan seluruh aliran listrik saat rumah ditinggal mudik memang bisa mencegah terjadinya korsleting. Tapi kalau dibiarkan dalam keadaan gelap, tentu orang yang berniat jahat akan tau kalau rumah kita dalam keadaan kosong. Untuk menyiasatinya, Sobat Rooang bisa menyalakan lampu teras agar rumah tak sepenuhnya gelap.

tips rumah aman ditinggal mudik
Sumber: rumahminimalismedia

Titipkan Pada Orang Yang Dipercaya

Agar lebih tenang saat mudik, Sobat Rooang bisa menitipkan rumah pada orang yang dipercaya. Misalnya pada tetangga yang tidak mudik. Jadi akan ada yang bantu mengawasi rumah Sobat Rooang saat ditinggal mudik nanti. Jika ada apa-apa tetangga juga bisa segera menghubungi Sobat Rooang.

tips agar rumah aman ditinggal mudik
Sumber: bellezaroom

Simpan Barang Berharga Dengan Aman

Jika Sobat Rooang meninggalkan barang-barang berharga di rumah saat mudik lebaran, sebaiknya pastikan barang-barang tersebut disimpan dengan aman ya. Sobat Rooang bisa menyimpan barang-barang tersebut di tempat yang tak terpikirkan oleh orang lain.

Pastikan Rumah Ditinggal Dalam Keadaan Bersih

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan rumah sudah dalam keadaan bersih ya. Apalagi jika Sobat Rooang mudik lebih dari seminggu. Sehingga saat kembali ke rumah nantinya rumah tak terlalu kotor dan bau. Sobat Rooang pun bisa istirahat dengan lebih nyaman.

tips rumah aman saat mudik lebaran
Sumber: ozarchitects

Agar rumah aman ditinggal mudik, memang banyak yang harus disiapkan. Tapi demi ketenangan saat mudik dan rumah tetap aman hingga kembali, tak ada salahnya menerapkan beberapa tips tersebut bukan? Selamat mudik ya, Sobat Rooang ~