Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
stadium ras abu aboud
Sumber: dailymail

Perhelatan piala dunia memang selalu menarik perhatian dunia. Kalau tahun 2018 ini semua perhatian tertuju pada Rusia selaku tuan rumah Piala Dunia 2018, maka 2022 nanti bisa dipastikan semua mata akan terpusat pada Qatar, sang tuan rumah Piala Duni 2022. Bahkan ternyata, Qatar saat ini saja sudah berhasil menarik perhatian lewat konsep Ras Abu Aboud Stadium yang mereka perkenalkan nih, Sobat Rooang.

Pasalnya, Ras Abu Aboud Stadium ini mengaplikasikan konsep baru yang sebelumnya belum pernah ada lho. Yang mana konsep itu adalah konsep stadion yang bisa dibongkar-pasang dan dirakit sendiri. Mengingatkan kita dengan permainan lego ya.

arsitektur ras abu aboud stadium
Sumber: dailymail

Selain bisa dirakit dan dibongkar-pasang sendiri, yang tak kalah unik dari Stadion Ras Abu Aboud ini karena stadion ini dibangun menggunakan rangkaian kontainer lho! Alasannya karena stadion yang berada di Doha ini lokasinya dekat dengan pantai dan pelabuhan. Jadi ya, seperti yang kita ketahui bahwa di pelabuhan biasanya ada banyak kontainer, maka kontainer pun dijadikan sebagai salah satu bahan utama dalam pembangunan stadion ini. Menarik bukan?

Karena konsep stadion dan tempat duduknya yang bongkar pasang, maka material yang digunakan pun bisa dipindah-pindahkan dan dibangun di lokasi lain.

desain stadium ras abu aboud
Sumber: supreme committee for delivery and legacy
interior stadium ras abu aboud
Sumber: supreme committee for delivery and legacy
desain interior stadium ras abu aboud
Sumber: supreme committee for delivery and legacy

Salah satu tujuan utama penerapan konsep stadion yang bongkar pasang ini untuk meminimalkan resiko stadion akan terbengkalai usai perhelatan Piala Dunia 2022 berakhir nantinya. Karena seperti yang tak jarang terjadi, stadion dibangun secara khusus untuk perhelatan tertentu. Tapi setelah laga perhelatan akbar tersebut berakhir, stadion itu pun tak lagi digunakan dan kemudian terbengkalai begitu saja. Sangat disayangkan bukan? Karena itu Qatar pun memilih konsep bongkar-pasang ini untuk diaplikasikan pada Ras Abu Aboud Stadium, salah satu stadion yang akan digunakan untuk pertandingan Piala Dunia 2022 nanti.

desain arsitektur ras abu aboud stadion
Sumber: supreme committee for delivery and legacy
desain ras abu aboud stadion
Sumber: supreme committee for delivery and legacy

Tapi rupanya Qatar memang berniat membuat stadion yang bukan hanya modern secara konsep dan arsitektur pembuatannya, tapi juga menyenangkan untuk penonton dan masyarakat Qatar. Karena stadion ini letaknya tak jauh dari garis pantai, maka saat mengunjungi stadion unik ini, Sobat Rooang juga akan disuguhi pemandangan lepas pantai yang menakjubkan. Bikin kita pun ingin mengunjunginya dan menonton laga Piala Dunia 2022 secara langsung di sini ya. Kabarnya stadion ini akan rampung pada 2020 nanti. Tertarik mengunjunginya?

ras abu aboud stadion
Sumber: supreme committee for delivery and legacy
pemandangan ras abu aboud stadion
Sumber: supreme committee for delivery and legacy