Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
stadion-saint-petersburg
Sumber: visit-petersburg

Menyadari jika jutaan pasang mata dari seluruh dunia tertuju pada pertandingan Piala Dunia 2018, Rusia tentu juga tak main-main dalam menyiapkan stadion-stadion terbaiknya untuk berlaga para timnas dari berbagai dunia. Selain Luzhniki Stadium, Rusia juga telah menyiapkan beberapa stadion terbesar yang tak kalah megahnya. Salah satunya adalah Stadion Saint Petersburg.

Meski Stadion Saint Petersburg bukanlah stadion utama dalam laga Piala Dunia 2018 di Rusia ini, namun Stadion Saint Petersburg ini nantinya juga akan digunakan dalam salah satu pertandingan penting yaitu pertandingan semi final lho. Seperti apa sih stadionnya?

stadion krestovsky
Sumber: visit-petersburg

Stadion Saint Petersburg Dirancang Oleh Arsitek Jepang

Stadion yang desainnya mirip dengan Ufo ini merupakan rancangan dari Kisho Kurokawa, seorang arsitek Jepang yang juga merancang Stadion Toyota di Jepang. Bentuk Stadion Saint Petersburg yang mirip Ufo juga merupakan versi besar dari Stadion Toyota lho. Kisho Kurokawa dipercaya untuk merancang Saint Petersburg, setelah memenangkan kompetisi arsitektur untuk proyek pembangunan stadion ini, mengalahkan beberapa arsitek lainnya.

Salah satu keistimewaan dari Stadion Saint Petersburg yang mewah dan modern ini adalah atapnya yang bisa dibuka tutup secara otomatis. Tak membutuhkan waktu yang terlalu lama, atap tersebut bisa dibuka atau ditutup dalam waktu 15 menit saja lho, Sobat Rooang.

stadion krestovsky rusia
Sumber: theweek

Dikenal Juga Dengan Nama Stadion Krestovsky

Dikenal juga dengan nama Stadion Krestovsky, stadion ini merupakan kandang dari tim FC Zenit Saint Petersburg. Sehingga stadion ini juga tak jarang disebut sebagai Zenit Arena. Terletak di bagian barat Pulau Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, stadion ini dikelilingi tiga sisi Laut Baltik. Sehingga pemandangan sekitar stadion pun terlihat begitu indah dengan nuansa kebiruan.

stadion saint petersburg piala dunia 2018
Sumber: visit-petersburg

Bukan Hanya Untuk Piala Dunia 2018

Sebelum Stadium Saint Petersburg didirikan, lokasi ini adalah lokasi di mana Stadion Kirov berdiri. Namun kemudian dihancurkan dan dibangunlah Stadium Saint Petersburg yang lebih besar, modern dan mewah.

Bukan hanya digunakan untuk Piala Dunia 2018, stadion yang bisa menampung hingga 68.134 orang ini juga menjadi salah satu tempat Piala Konfederasi FIFA 2017 lho. Bahkan sebelumnya, stadion yang telah debut pada 22 April 2017 ini menjadi tempat untuk pertandingan antara FC Zenit Vs Ural pada kompetisi Liga Rusia.

stadion saint petersburg rusia
Sumber: visit-petersburg

Dengan kapasitas dan desainnya yang modern, Stadion Saint Petersburg juga bisa digunakan untuk acara umum seperti konser musik dengan kapasitas penonton hingga 80.000 orang. Wah, pasti megah sekali ya Sobat Rooang.