Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
stadion tertua
Sumber : royalbluemersey.sbnation

Ajang Piala Dunia selalu membawa kebanggaan tersendiri bagi setiap negara tuan rumah yang terpilih, sobat. Tapi yang paling membuat negara tuan rumah bangga itu sudah pasti adalah sebuah stadion yang terpilih menjadi venue pertandingan. Seperti yang dialami oleh Inggris pada penyelenggaraan Piala Dunia 1966, salah satu stadion yang dipakai ternyata adalah stadion tertua yang pernah menjadi venue pertandingan Piala Dunia. Apa nama stadio tertua itu?

Stadion Tertua yang Menjadi Venue Pertandingan Piala Dunia Ada di Inggris

Stadion tertua yang pernah menjadi venue pertandingan Piala Dunia ternyata terletak di Inggris. Dan stadion ini bernama Goodison Park yang mana adalah stadion markas dari tim Liga Inggris yaitu Everton.

stadion tertua
Sumber : StadiumDB.com

Kenapa Stadion kebanggaan klub Inggris Everton ini disebut sebagai stadion tertua? Sebab, stadion bernama Goodison Park ini sudah ada sejak tahun 1892, dan pertama kali digubakan untuk pertandingan antara klub Everton melawan klub Bolton Wanderers. Meskipun stadion ini mengalami banyak perubahan sejak awal pembangunan hingga sekarang, namun yang pasti Goodison Park stadium ini telah menjelma menjadi sebuah ikon kebanggaan klub Everton sebagai pemilik stadion sejak tahun 1892 sampai sekarang.

Pernah menjadi venue pertandingan Piala Dunia

stadion tertua
Sumber : evertonfc

Ajang sepakbola terbesar yang sudah dimulai sejak tahun 1930 ini memang pesonanya tak pernah pudar di mata para pecintanya. Dan dengan pesonanya yang begitu kuat, setiap negara yang ada di dunia pun berambisi untuk setidaknya menjadi tuan rumah atau penyelenggara Piala Dunia. Dan pada akhirnya Inggris pun berkesempatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia ini pada tahun 1966. Dan si Goodison Park  yang berkapasitas  40.157 kursi ini pun terpilih menjadi venue dari lima pertandingan Piala Dunia 1966 saat itu sobat!

stadion tertua
Sumber : evertonfc

Dan lima di antara lima pertandingan Piala Dunia itu salah satunya adalah pertandingan semifinal antara Jerman Barat melawan Rusia yang dimenangkan oleh Jerman Barat dengan skor 2-1.

Stadion serba biru bikin suasana menarik

Interior stadion tertua yang pernah menjadi venue pertandingan semifinal Piala Dunia Inggris tahun 1966 ini, interiornya cantik banget sih sobat! Dominan warna biru terang yang merupakan warna kebanggaan klub Everton tampil cantik mendominasi interior stadion terutama di area bangku penontonnya kayak gini.

stadion tertua
Sumber : Team-Schedules