Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
CONTRIBUTORArsitekturpedia 
SOURCEFurnizing
tan residence
Sumber : Archdaily

Tan Residence ini merupakan salah satu simbol rumah yang secara konsisten memanfaatkan pola sirkulasi udara dengan baik dan maksimal, lho! Inget tahu seperti apa isi di dalam rumah di kawasan Jakarta ini? Simak yah, penjelasan lengkapnya berikut.

tan residence
Sumber : Archdaily

Tan Residence digadang-gadang sebagai rumah yang mempunyai pola sirkulasi udara maksimal

Tan Residence ini merupakan proyek rumah tinggal yang selesai tahun 2010, dengan mengaplikasikan rancangan desain oleh Chrystalline Architect. Ide besar dari rumah ini adalah membuat rumah yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan alami dari pengolahan site. Dimensi bangunan diperpanjang ke belakang untuk membuat taman yang besar dengan pemandangan privat ke area bangunan sebelah timur. Semua bukaan pada rumah mengarah ke taman untuk menghindari panas dari matahari.

tan residence
Sumber : Archdaily
tan residence
Sumber : Archdaily

Menciptakan aliran udara ke dalam halaman di dalam dicapai dengan membuat perbedaan ketinggian antara kamar tamu dengan kamar tidur utama. Dengan adanya jarak di antara kedua ruangan tersebut, aliran udara dapat secara konstan mengalir ke area taman di dalam bangunan.  Tidak hanya itu, ide ini juga didukung dengan lanskap rumah yang miring sehingga memberikan jalan masuk udara ke dalam bangunan. Lanskap di depan pun juga digunakan untuk menyamarkan kamar tidur tamu. Dari depan bangunan ini terlihat seperti rumah dengan satu lantai dengan struktur penyangga di bawahnya.

tan residence
Sumber : Archdaily
tan residence
Sumber : Archdaily

Bangunan yang terdiri dari dua lantai utama dan satu lantai basement ini memiliki layout rumah yang memanjang ke belakang. Pintu masuk ke dalam rumah ini dihadirkan oleh jalur masuk tangga yang panjang dan diapit struktur beton yang di atasnya dimanfaatkan untuk lanskap penghijauan. Ruang tamu yang tidak terlalu besar di bagian depan rumah memiliki pemandangan ke arah kolam yang berada di tengah rumah.

tan residence
Sumber : Archdaily
tan residence
Sumber : Archdaily

Ruangan utama yang terbilang luas ini juga dilengkapi dengan void, sehingga plafon pada area ini sangat tinggi dan memberikan kesan megah. Partisi pembatas antara ruang tamu dengan ruang keluarga ini bisa terbilang unik yaitu dengan menggunakan rak televisi yang menggantung sehingga pada bagian bawahnya tampak terdapat jarak rak dengan lantainya. Memaksimalkan bukaan di area utama ini dilakukan dengan tanpa adanya dinding partisi penghalang sepanjang 12 meter, tanpa kolom, dan menggunakan dinding berframe kaca. Hal tersebut digunakan untuk memberikan suasana ruang yang lapang dan juga nuansa alam.

tan residence
Sumber : Archdaily

Rumah yang menghadap ke arah utara ini didesain dengan dinding masif di sebelah baratnya yang juga berfungsi sebagai penghalang panas pada bukaan di kamar tidur utama dan kamar tamu. Dengan bukaan yang rendah, intensitas cahaya yang masuk pun tidak akan berlebihan. Fasad bangunan dilingkupi dengan material batu marmer yang secara khusus diukir untuk memberikan aksen pada keseluruhan bangunan.

tan residence
Sumber : Archdaily

Rumah yang dari depan ini terlihat ramping ternyata memiliki ukuran yang cukup besar dengan layout bangunan yang memanjang ke dalam. Memberikan ruang terbuka di tengah rumah akan memperlancar sirkulasi udara dan cahaya di dalam rumah. Konsep inilah yang perlu diterapkan untuk rumah lainnya agar rumah menjadi lebih ramah lingkungan, sejuk, dan juga terang.