1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
masjid megah
Sumber : Flickr

Ketahuilah sobat Rooang, saat libur Lebaran kayak gini selain pergi berlibur ke tempat wisata atau ke tempat perbelanjaan, kayaknya ziarah ke masjid-masjid gitu asyik deh. Selain bisa menambah pengetahuan, sobat bisa mengagumi keindahan arsitektur timur tengah yang terkenal megah dan elegan itu. Karena ternyata, ada 5 masjid megah dari seluruh dunia yang wajib kamu tahu? Penasaran, kan?

Masjid Megah yang pertama akan dibahas ada di Turki

Masjid megah yang pertama kali akan dibahas oleh Rooang ada di kawasan Turki. Masjid megah ini diberi nama Al Noor Mosque ini terletak di Kota Sharjah, Turki yang masih termasuk dalam Uni Emirat Arab. Pembangunan masjid dimulai sejak tahun 2003 dan baru rampung pada 2005.

masjid megah
Sumber : Flickr
masjid megah
Sumber : Wikipedia
masjid megah
Sumber : TripAdvisor

Masjid megah ini memiliki desain yang terinspirasi dari masjid Sultan Ahmed yang terletak di Turki dengan desain ala Otoman Turki pada masa lalu. Konsep desain interiornya ini didominasi oleh gaya dekorasi bunga-bunga dan bentuk geometris khas arsitektur Ottoman. Apalagi di dalam kubahnya ada lampu chandeliers yang cantik dan manis gitu, jadi membuat suasana interior masjid lebih terasa syahdu gitu deh.

Masjid Megah bernama Hassan II Mosque

masjid megah
Sumber : Mosquée Hassan II
masjid megah
Sumber : worldsecretlocations.com

Dibangun oleh seorang arsitektur ternama berkebangsaan Perancis, Hassan II Mosque ini tidak hanya menjadi salah satu masjid megah yang pernah dibangun di dunia, namun juga menjadi kekayaan arsitektur yang sangat artistik dan indah untuk dipandang. Masjid ini dibangun pertama kali pada 12 Juli 1986, dan selesai dibangun pada 30 Agustus 1993. Pada tahun tersebut, masjid ini sudah termasuk jenis masjid yang lumayan megah sih, soalnya masjid ini dilengkapi dengan beragam teknologi yang menunjang, baik dari segi material maupun dari berbagai fasilitas lainnya.

masjid megah
Sumber : Pinterest

Dan yang paling mengagumkan ada di bagian interior masjid sobat, dengan mengaplikasikan gaya arsitektur Andalusia dan Moorish style, masjid ini sangat sedap dan cantik sekali dipandang mata :)

Baca juga : Desain Masjid Al Irsyad yang Berkonsep Futuristik

Masjid Biru andalan Turki

Kalau masjid megah yang satu ini ada di kawasan Turki dan ngetop banget deh, sobat~

masjid megah
Sumber : Wikipedia

Dibangun atas perintah dari Sultan Ahmed I masjid ini menjadi salah satu dari sekian banyak masjid megah nan indah yang terdapat di dunia. Letak masjid ini juga berdekatan dengan banyak situs peningalan besar di Turki, yang terkenal itu sobat, yap Hagia Sophia.

masjid megah
Sumber : Pinterest
masjid megah
Sumber : Dreamstime.com
masjid megah
Sumber : Pinterest

Masjid bernama Masjid Sultan Ahmet ini punya nama lain yaitu Masjid Biru. Kenapa? Soalnya desain interiornya memancarkan sinar yang berwarna biru gitu, cantik banget deh.

Setelah Masjid Biru ternyata ada Masjid Pink

masjid megah
Sumber : Pinterest

Kalau di Turki ada Masjid Biru, kali ini di Iran ternyata ada Masjid Pink, lho!!

masjid megah
Sumber : Friendly Iran
masjid megah
Sumber : Pinterest
masjid megah
Sumber : travellerspoint.com

Masjid bernama Nasir AL-Mulk ini terletak di Shiraz, Iran. Dan masjid ini pun menjadi terkenal karena keistimewaannya yaitu sinar matahari yang menerobos masuk melalui kaca-kaca berwarna-warni masjid ini menimbulkan paduan cahaya yang menarik dan mengagumkan, dan malahan memberikan nuansa warna pelangi bercampur nuansa pink yang super kece gitu deh.

Sheikh Zayed Mosque

Masjid yang ada di Uni Emirat Arab,  ini diberi nama berdasarkan nama penggasnya yakni, Syekh Zayed Bin Sultan Al Nahyan. Terletak di Abu Dhabi, masjid mengagumkan nan megah ini termasuk ke dalam salah satu masjid yang paling indah di dunia, lho.

masjid megah
Sumber : Wikipedia
masjid megah
Sumber : barbaralicious

Desain arsitekturnya yang sangat menawan dan mengagumkan serta penggunaan material terbaik di segala sisi masjid, memberikan nilai keunikan serta keindahan tersendiri. Lampu yang berada di tengah-tengah kubah pada bagian dalamnya merupakan yang terbesar di dunia, dan karpet yang dipakai di dalam ruangannya, merupakan yang terlebar di dunia.

Tertarik ga berkunjung ke salah satu masjid megah yang ada di daftar ini?

1 COMMENT