Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
cara memilih countertop dapur
Sumber: remodelista

Meja dapur atau yang biasa disebut countertop memang termasuk salah satu bagian paling penting dari dapur nih, Sobat Rooang. Mengingat biasanya di sanalah kita mengiris bumbu, meletakkan macam-macam peralatan dapur hingga meletakkan panci atau wajan bekas memasak yang masih panas. Makanya pemilihan countertop untuk dapur tak boleh dilakukan dengan sembarangan, Sobat Rooang. Untuk mempermudah Sobat Rooang saat akan memilih jenis countertop yang tepat, ada beberapa tips memilih countertop untuk dapur di rumah yang bisa dijadikan rekomendasi nih.

Kualitas Bahan

Kualitas bahan termasuk salah satu kriteria yang harus diperhatikan saat memilih countertop dapur. Karena fungsinya yang beragam, setidaknya bahan yang digunakan haruslah tahan gores, tahan noda juga tahan pada lembap dan panas. Misalnya seperti batu marmer, granit atau keramik.

tips memilih countertop untuk dapur
Sumber: kristine.lo

Perawatannya Pun Mudah

Bukan hanya kualitasnya yang bagus, countertop sebaiknya juga mudah dibersihkan. Jadi setiap bagian yang terkena noda juga tak sulit untuk dibersihkan kembali. Jika Sobat Rooang memilih jenis bahan keramik, sebaiknya jarak nat tidaklah terlalu lebar ya.

tips memilih countertop
Sumber: Pinterest

Perhatikan Faktor Keamanannya

Karena penggunaannya yang sering kali terkena suhu panas, maka harus dipastikan kalau jenis lapisan countertop di dapur rumah haruslah terbuat dari bahan yang aman. Apalagi area tersebut juga akan sering digunakan untuk mengolah makanan. Jika lapisan countertop memiliki bahan kimia, tentu tidaklah bagus untuk keamanan dan kesehatan anggota keluarga ya, Sobat Rooang.

tips memilih countertop yang tepat
Sumber: beckiowens

Sesuaikan Dengan Anggaran Dana

Banyaknya jenis bahan countertop yang tersedia di pasaran, memudahkan kita untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Termasuk juga sesuai dengan anggaran dana yang disiapkan. Sebaiknya sih, jangan sampai ternyata dana yang dikeluarkan jauh melebihi anggaran yang telah disiapkan oleh Sobat Rooang.

cara memilih countertop
Sumber: remodelista

Tak Wajib, Tapi Sisi Dekoratif Juga Perlu Dipertimbangkan

Untuk beberapa bahan mungkin dijual dalam berbagai model, warna atau motif. Nah, salah satu yang termasuk tips memilih countertop adalah mempertimbangkan unsur dekoratif tersebut agar dekorasi dapur tampak semakin cantik dan menawan. Pilih sesuai dengan tema dan konsep yang diterapkan pada dapur ya, Sobat Rooang.

cara memilih countertop yang tepat
Sumber: heju