Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
desain tempat kerja startup
Sumber: startupdope

Mendesain ruang kerja atau tempat kerja untuk startup biasanya memang cukup berbeda nih dengan desain kantor konvensional. Karena tempat kerja ala startup biasanya terkesan lebih asik dan seru ya, Sobat Rooang. Meski sebenarnya tak menutup kemungkinan kantor konvensional juga menerapkan konsep tersebut di tempatnya.

Namun jika ingin membuat tempat kerja ala startup, Sobat Rooang bisa menerapkan beberapa ciri khas yang biasa dimiliki tempat kerja ala startup lho.

Tempat Kerjanya Tanpa Kubikel

Kalau tempat kerja kantor-kantor konvensional biasanya dipisahkan dengan kubikel-kubikel, berbeda dengan tempat kerjanya para pekerja kreatif di kantor-kantor startup yang biasanya menggunakan meja panjang tanpa kubikel. Sehingga lingkungan tempat kerja pun terasa lebih santai dan akrab. Komunikasi antar karyawan pun bisa berjalan dengan baik.

tempat kerja ala startup
Sumber: yourstory

Tempat Kerja Ala Startup Itu Biasanya Punya Ruang Santai

Kantornya anak startup biasanya punya ruangan khusus untuk bersantai. Jadi saat lelah atau suntuk, mereka bisa menggunakan ruangan tersebut untuk beristirahat. Mereka pun bisa tidur sebentar saat istirahat siang. Karena setelah beristirahat biasanya pikiran dan tubuh pun jadi fit, sehingga bekerja pun jadi lebih produktif deh.

mendesain tempat kerja startup
Sumber: chapbros

Juga Ada Ruang Bermainnya Lho!

Bukan cuma ruang santai, tempat kerja ala startup tak jarang juga dilengkapi dengan ruang bermain lho Sobat Rooang. Jadi mereka bisa bermain saat butuh menyegarkan pikiran dan merasa jenuh. Setelah bermain, biasanya mereka bisa kembali bekerja dengan pikiran dan ide yang lebih fresh. Tak harus khawatir mereka akan menghabiskan waktu untuk bermain-main saja tanpa bekerja, karena orang yang bertanggung jawab pasti tahu cara membagi waktu dan konsekuensinya kok.

desain tempat kerja ala startup
Sumber: altinkil

Dindingnya Pakai Dinding Kaca

Kalau dinding ruang kantor konvensional biasanya pakai dinding tembok, dinding kantor startup banyak pakai kaca-kaca besar. Sekat-sekat ruangannya pun banyak yang pakai kaca. Jadi ada kesan suasana ruang kerja yang lebih terbuka dan tak terbatas. Sambil bekerja, para pekerja kreatif bisa menikmati pemandangan yang ada di luar ruangan agar tak mudah jenuh.

desain interior tempat kerja startup
Sumber: insidesource

Area Dapur Atau Kafe Juga Tak Boleh Lupa Nih

Makanan bisa jadi salah satu faktor yang mendukung untuk berpikir saat bekerja. Makanya biasanya di kantor startup disediakan kafe atau sekedar pantry kecil. Jadi saat lapar pun mereka lebih mudah mengisi perut.

kantor startup
Sumber: mashable