Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
gaya arsitektur perancis
Sumber : MastersPortal.com

Berbicara soal negara Perancis, pasti yang teringat adalah Menara Eiffel yang romantis. Padahal banyak bangunan lain yang ada di Perancis yang juga tak kalah menarik dibandingkan Eiffel. Gaya arsitektur khas Eropa dengan sedikit aksen dark adalah ciri khas dari gaya arsitektur Perancis yang sebenarnya. Ingin tahu lebih banyak soal gaya arsitektur Perancis secara lebih detail, yuk simak penjelesannya berikut.

Gaya Arsitektur Perancis Punya Nama Lain

Mungkin banyak yang tidak tahu jika gaya arsitektur Perancis itu punya nama lain yang lebih familiar di telinga para praktisi arsitektur dan interior. Gothic architecture, adalah sebuah sebutan yang lazim digunakan jika ingin mengaplikasikan gaya arsitektur Perancis pada sebuah bangunan. Kenapa arsitektur khas Perancis malah disebut gothic architecture? Ya karena awal kemunculan gaya atau gerakan gothic architecture ini di Perancis, sobat! Jadi secara tidak langsung ya, gaya arsitektur khas Perancis adalah gothic architecture.

gaya arsitektur perancis
Sumber : Youtube
gaya arsitektur perancis
Sumber : royalcentral.co

Dan pada akhirnya gaya arsitektur seperti ini, sangat populer untuk desain katedral, gereja hingga kastil.

Sebelum Muncul Gaya Gothic, Arsitektur Bergaya Romawi Sangat Populer

Sama seperti negara-negara di Eropa lainnya, Perancis pun merasakan kepopuleran gaya arsitektur Romawi sobat. Dan di masa itu hampir semua bangunan di Perancis bergaya Romawi. Setelah masa revolusi industri, pengaruh di bidang arsitektur pun terlihat dengan munculnya gaya arsitektur neoklasik seperti yang tampak pada bangunan Pantheon Paris atau Capitole de Toulouse berikut ini.

gaya arsitektur perancis
Sumber : frenchmoments.eu

Semakin banyak perubahan setelah masuk abad 20

Memasuki abad 20, fenomena perubahan pada gaya aritektur di Perancis juga mulai terasa. Kemunculan gaya arsitektur modern yang simpel pada akhirnya mampu mempengaruhi Perancis yang tadinya sangat ‘saklek’ dengan paham klasik, romawi dan gothic architecture.

gaya arsitektur perancis
Villa Savoye. Sumber: archdaily
gaya arsitektur perancis
Villa Savoye. Sumber: archdaily

Masuknya pengaruh arsitektur modern ke Perancis tersebut ditandai pada bangunan-bangunan karya  Le Corbusier yang bertebaran di Perancis. Dan mulai semakin kuat ketika Museum Louvre dibuka.

gaya arsitektur perancis
Louvre Museum. Sumber : TripHobo
gaya arsitektur perancis
Louvre Museum. Sumber : uk.france.fr

Emang ga salah ya, menyebut Perancis sebagai salah satu negara dengan cerita sejarah arsitektur terlengkap. Karena semua bangunan sejarah di sana, memang berperan penting dalam sejarah dunia arsitektur.