Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
interior istana kepresidenan inggris
Sumber: royalcollection

Istana kepresidenan bukan cuma digunakan sebagai rumah dinas kepala negara, tapi juga sebagai salah satu simbol kebanggaan negara. Apalagi istana tersebut juga akan digunakan untuk menerima kunjungan tamu-tamu kenegaraan. Tak jarang gedung istana kepresidenan juga mencerminkan budaya dari bangsa tersebut. Jadi tak heran kalau gedung-gedung istana kepresidenan pun dibuat semegah dan sebagus mungkin.

Dari beberapa negara di dunia yang memiliki istana kepresidenan megah, ini lho 5 negara di antaranya.

Amerika Serikat

istana kepresidenan amerika serikat
Sumber: gettyimages
istana kepresidenan dunia
Sumber: wikipedia

Sering dianggap sebagai lambang supremasi Amerika Serikat yang merupakan negara adidaya, Gedung Putih yang menjadi istana kepresidenan Presiden Amerika Serikat ini dibangun pada 1792-1800. Bangunan tersebut menerapkan gaya arsitektur Georgia akhir, dan dirancang oleh arsitek kelahiran Irlandia, yaitu James Hoban. Namun pada tahun 1814 Gedung Putih pernah dibakar oleh tentara Inggris hingga membuat seluruh bagian dalam dan sebagian besar eksteriornya rusak.

Hingga kemudian sekitar tahun 1817, Gedung Putih kembali dibangun dengan gaya arsitektur yang tetap dipertahankan hingga saat ini.

Inggris

istana kepresidenan inggris
Sumber: Wikipedia
arsitektur istana kepresidenan inggris
Sumber: royalcollection
interior istana kepresidenan inggris
Sumber: royalcollection

Inggris memiliki Istana Buckingham yang menjadi kediaman resmi Ratu Inggris di London. Sejak pertama kali dibangun pada 1703, bangunan gedung ini sudah mengalami pengembangan.  Secara dasar pembangunan yang dilakukan oleh arsitek bernama John Nash dan Edward Blore itu telah menghasilkan tiga gedung sayap tambahan dari halaman tengah.

Turki

istana kepresidenan turki
Sumber: Anadolu Agency/Aykut Unlupinar

Istana kepresidenan Turki yang dibangun pada tahun 2014 ini memiliki lebih dari 1.000 ruangan di dalamnya lho. Istana yang berada di Ankaram Turki ini dibangun oleh Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan dengan menghabiskan dana yang cukup fantastis sekitar 8,1 triliun.

Istana Kepresidenan Republik Ceko

istana kepresidenan ceko
Sumber: travelandleisure
istana kepresidenan republik ceko
Sumber: eurail

Istana kepresidenan Republik Ceko, dikenal dengan Prague Castle ini telah dibangun sejak sekitar abad ke-9 lho. Bahkan istana yang mirip dengan istana dari negeri dongeng ini disebut-sebut dalam buku catatan rekor sebagai istana sejarah yang paling besar di dunia. Istana yang dibangun dengan menerapkan gaya arsitektur renaissance dan gotik ini pada tahun 1541 pernah terbakar dan sebagian besar istananya pun porak-poranda.

Abu Dhabi

istana kepresidenan abu dhabi
Sumber: limralimestone
istana presiden abu dhabi
Sumber: gettyimages

Istana kepresidenan yang berdiri megah di Abu Dhabi ini bukan saja menjadi istana tempat tinggal presiden dan wakil presiden Persatuan Emirat Arab (PEA), tapi juga pangeran mahkota Abu Dhabi dan sejumlah menteri lho. Baru selesai dibangun pada tahun 2015 dengan menghabiskan dana sebesar 6,7 triliun, oleh banyak orang istana ini dianggap sebagai istana presiden yang paling mewah di dunia.