Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Sumber: inhabitat

Dalam sebuah bangunan, unsur fasad termasuk salah satu unsur arsitektur yang dianggap sangat penting. Pasalnya fasad sangat mempengaruhi keseluruhan desain bangunan. Terlebih lagi, fasad termask salah satu faktor yang menentukan keindahan bangunan tersebut. Bukan cuma pada bangunan gedung perkantoran, fasad juga mempengaruhi keindahan model bangunan seperti rumah hunian. Dari seluruh macam-macam material yang cocok untuk fasad rumah, pemilihannya disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep rumah yang ingin ditampilkan.

Setidaknya ada macam-macam material yang cocok untuk fasad rumah saat ini. Berikut ini beberapa macam di antaranya.

Kaca Termasuk Macam-Macam Material Yang Cocok Untuk Fasad Rumah

Belakangan ini konsep fasad bangunan dengan menggunakan material kaca memang cukup populer. Bukan hanya untuk rumah, hotel serta apartemen, material kaca juga banyak digunakan untuk bangunan gedung perkantoran lho. Bukan berarti seluruhnya menggunakan material kaca, biasanya material ini dipadukan dengan material aluminium composite panel agar lebih kuat dan tahan lama.

kaca untuk fasad rumah
Sumber: freshome

Material kaca dijadikan salah satu pilihan untuk fasad karena dapat memberi kesan mewah dan elegan pada bangunan. Sehingga tak sedikit rumah dengan gaya modern pun menerapkan konsep fasad rumah dengan material kaca.

Granit Alam Pun Bisa Dijadikan Pilihan

Material ini biasanya dijadikan pilihan jika ingin membuat fasad rumah tampak lebih mewah dan megah. Apalagi harganya pun relatif lebih mahal dibandingkan material lain yang bisa digunakan untuk fasad rumah. Namun mengingat granit alam termasuk bahan material yang berat, tak jarang granit digunakan sebagai lapisan dinding luar saja dengan rangka dan dudukan yang kuat. Sehingga material granit alam yang digunakan untuk fasad rumah pun lebih tahan lama dan kuat.

granit untuk fasad rumah
Sumber: cupastone

Plester Aci Dengan Finishing Cat

Material ini termasuk salah satu material yang paling banyak dijadikan pilihan untuk fasad bangunan. Alasan utamanya adalah karena plester aci yang kemudian diberi finishing cat, termasuk bahan material yang paling mudah didapatkan dan harganya tak semahal material granit alam. Proses pengerjaan fasad dengan material ini pun cukup mudah dan tak memakan waktu yang terlalu lama.

Karena itu pada bangunan rumah-rumah tinggal saat ini, banyak yang menggunakan material ini dibanding material lainnya.

Macam-Macam Material Yang Cocok Untuk Fasad Rumah
Sumber: heraldsun

Selain macam-macam material yang cocok untuk fasad rumah tersebut, juga ada beberapa material lainnya yang bisa dijadikan pilihan seperti material baja, kayu, bata, keramik dan lain-lain. Sobat Rooang bisa memilih material yang paling tepat untuk fasad rumah dengan mempertimbangkan kebutuhan dan lingkungan sekitar.