Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
material untuk lantai rumah
Sumber: tegelssalvatore

Membuat rumah yang nyaman, tentu banyak faktornya yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah jenis material untuk lantai rumah. Pasalnya jenis material lantai juga jadi salah satu elemen yang menentukan keindahan dan kenyamanan rumah nih, Sobat Rooang. Apalagi masing-masing material pasti punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Berdasarkan masing-masing kekurangan dan kelebihannya, Sobat Rooang bisa memilih jenis material untuk lantai rumah setelah mempertimbangkannya dengan baik.

Jenis Material Untuk Lantai Rumah Dengan Keramik

Keramik termasuk salah satu jenis material lantai yang paling banyak digunakan untuk rumah di Indonesia lho. Pasalnya keramik mudah didapatkan dan proses pemasangannya pun cukup mudah. Selain itu, keramik juga dijual dalam berbagai ukuran, model, warna, serta motif sehingga lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Hanya saja, keramik merupakan material yang cenderung dingin karena sifanya yang tak mudah menyerap panas. Jadi tak heran jika pada saat musim hujan, lantai rumah dengan material keramik pun terasa lebih dingin.

jenis material untuk lantai rumah
Sumber: archzine

Material Lantai Dengan Kayu

Material kayu termasuk salah satu material yang dapat memberi kesan mewah dan elegan pada interior ruangan. Karakteristik lantai kayu yang hangat, juga memberi kesan natural pada interior rumah. Mudah dibersihkan, material kayu juga termasuk material yang tahan lama. Namun proses pemasangannya tergolong sulit. Selain itu harganya pun relatif mahal. Dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah, material kayu bisa menyusut dan memuai.

material kayu untuk lantai rumah
Sumber: myscandinavianhome

Bahan Vinyl

Vinyl merupakan bahan penutup lantai yang terbuat dari polimer sintetik. Seperti keramik yang memiliki banyak pilihan warna serta motif, vinyl untuk material lantai juga tampak cantik dengan ragam warna serta motifnya. Selain mudah dipasang dan dibersihkan, vinyl juga termasuk material lantai yang harganya relatif murah. Namun karena pengaplikasiannya yang ditempel seperti wallpaper, bahan vinyl untuk lantai jika sudah rusak maka akan susah diperbaiki sehingga Sobat Rooang harus mengganti seluruhnya sekaligus.

material vinyl untuk lantai rumah
Sumber: vinylflooringfaq

Batu Alam

Rumah mewah dengan konsep klasik, banyak yang memilih menggunakan material batu alam sebagai material untuk lantainya. Tak hanya harganya yang memang lebih mahal dibanding material lainnya, batu alam juga memberi kesan mewah pada interior rumah. Ada kesan artistik yang bisa Sobat Rooang dapatkan dari interior ruangan dengan lantai berbahan batu alam. Bahannya pun lebih kuat sehingga awet untuk penggunaan jangka lama. Tapi jenis material untuk lantai rumah yang satu ini akan terasa licin jika terkena air. Selain itu, proses pemasangannya pun cukup rumit dibanding material lantai dengan keramik.

material marmer untuk lantai rumah
Sumber: livinator