Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
ruang keluarga dan ruang makan
Sumber: paulfigura

Pada rumah minimalis atau rumah-rumah yang luasnya terbatas sedangkan kebutuhan ruangannya cukup banyak, biasanya ruangan tersebut kemudian digabungkan dengan ruangan lain. Misalnya konsep penataan antara ruang keluarga menyatu dengan ruang makan. Bahkan tak jarang juga kemudian ruang keluarga, ruang makan dan dapur juga menyatu dalam satu area.

Salah satu tujuan penerapan konsep ruangan seperti ini adalah untuk menghemat space, sehingga rumah tak terlihat makin sempit meski terbagi-bagi menjadi beberapa ruangan. Sobat Rooang ingin menerapkan konsep seperti ini? Yuk, ketahui sedikit trik untuk membuat ruang keluarga menyatu dengan ruang makan sehingga terlihat cantik dan nyaman.

Tanpa Dinding Penyekat

Salah satu yang harus diperhatikan dalam pengaplikasian beberapa ruangan yang menyatu adalah tak adanya dinding penyekat yang membatasi antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Tentunya dengan konsep open plan ini, ruangan tak terkesan sempit karena terhalangi oleh dinding.

ide ruang keluarga menyatu dengan ruang makan
Sumber: curiousmind

Batasi Dengan Aksen Dekorasi Atau Furnitur

Agar ruangan-ruangan tersebut tetap terkesan memiliki batas atau pembagi meski tanpa dinding penyekat, Sobat Rooang bisa kok menggunakan aksen dekorasi atau furnitur rumah sebagai pengganti dinding penyekat. Misalnya dengan memasang karpet pada lantai ruang keluarga atau meletakkan lemari terbuka pada space antara ruang keluarga dengan ruang makan. Sobat Rooang juga bisa menggunakan tanaman-tanaman hias untuk pembagi ruang.

konsep ruang keluarga menyatu dengan ruang makan
Sumber: iconhomedesign

Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan Terapkan Tema Sama

Karena ruangan-ruangan tersebut terbuka dan menyatu satu sama lain, Sobat Rooang bisa menerapkan tema yang sama antar keseluruhan ruang. Sehingga seluruh ruangan tersebut terkesan lebih menyatu dan tampak berkesinambungan. Atau untuk menciptakan kesan interior ruangan yang menyatu, Sobat Rooang juga bisa menggunakan hint warna yang sama pada beberapa bagian.

ruang keluarga menyatu ruang makan
Sumber: curlyque

Pemilihan Material Furnitur Yang Berbeda

Disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan dari masing-masing ruang, jika memungkinkan Sobat Rooang bisa memilih furnitur dengan bahan material yang berbeda-beda. Misalnya ruang keluarga menggunakan sofa dengan desain casual yang nyaman dan empuk, sedangkan pada ruang makan menggunakan meja atau kursi berbahan kayu.

ruang keluarga menyatu dengan ruang makan
Sumber: decosee

Warna Netral Dan Pencahayaan

Pilihan warna netral dan pencahayaan yang cukup, selalu jadi poin penting saat mendesain ruang terbatas nih Sobat Rooang. Tentu saja hal ini untuk menghindarkan rumah agar tak terkesan sempit. Untuk memaksimalkan konsep ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, Sobat Rooang bisa menerapkan lampu pada beberapa titik sehingga cahaya bisa lebih menyebar rata.

desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan
Sumber: ipinfoview

2 COMMENTS