Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
ilmu feng shui tentang tangga
Sumber : Homedit

Ilmu Feng Shui memang berpengaruh cukup banyak pada dunia desain rumah. Selain katanya bagus untuk memberikan energi positif dan rejeki pada pemilik rumah, ternyata ilmu Feng Shui bisa juga dimanfaatkan sebagai dasar untuk mendesain sebuah tangga lho, sobat! Terus kayak gimana cerita lengkap soal ilmu Feng Shui tentang tangga ini?

Ilmu feng shui tentang tangga bisa dimulai dari posisi anak tangga

Sebelum membahas desain anak tangga, ilmu Feng Shui tentang tangga pembahasannya dimulai dari posisi anak tangga dan detail tangga dahulu, sobat!

ilmu feng shui tentang tangga
Sumber : stairsIdeas.com

Posisi anak tangga akan mempengaruhi Feng Shui dari rumah. Berikut beberapa posisi anak tangga yang harus dihindari dari sudut pandang Feng Shui :

  • Pada saat menempatkan tangga, hindari meletakkan tangga pada tengah ruangan. Jika denah rumah diibaratkan menjadi 9 kotak (3×3), maka kotak yang berada di tengah adalah area dimana kamu dianjurkan tidak meletakkan anak tangga.
  • Selain tangga rumah utama, hunian terkadang juga memiliki tangga service, hindari meletakkan tangga utama berhadapan langsung dengan tangga service.
  • Posisi tangga juga sebaiknya tidak terlihat langsung dari ruang depan, interior ruang tamu, ataupun ruang-ruang publik lainnya karena dipercaya akan menghambat karir dan juga usaha.
ilmu feng shui tentang tangga
Sumber : Sebring Design Build

Jadi, posisi anak tangga sebaiknya berada di area yang tidak terjangkau dan tidak terlihat langsung dari ruang publik yang ada di rumah.

Jangan lupa memperhatikan jumlah anak tangga

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan soal ilmu Feng Shui tentang tangga adalah jumlah tapak anak tangga. Setiap tapak dari anak tangga dalam Feng Shui memiliki makna masing-masing, sobat!

  • Anak tangga pertama = lahir/sh?ng (baik)
  • Anak tangga kedua = hidup/huó (baik)
  • Anak tangga ketiga = sakit/bìng (jelek)
  • Anak tangga keempat = mati/s? (jelek)
  • Anak tangga kelima = sengsara/k? (jelek)
ilmu feng shui tentang tangga
Sumber : curlyque.co

Dan penghitungan ini berulang kembali ke anak tangga pertama setelah anak tangga kelima. Usahakanlah tapak dari tangga selalu jatuh pada angka-angka yang memiliki makna baik seperti tapak tangga pertama dan tapak tangga kedua.

ilmu feng shui tentang tangga
Sumber : Luxury HouseLuxury and Beauty

Sebagai contoh, jika rumah Sobat Rooang memiliki tangga yang memiliki jumlah tapak 27 trap, maka penghitungan tangga akan jatuh pada angka kedua yang memiliki makna “Hidup” yang baik. Namun, jika jumlah dari tapak tangga hanya 25 trap, maka penghitungan akan jatuh pada angka kelima yang memiliki makna “Sengsara” yang tidak baik.

Jangan lupa untuk memanfaatkan area bawah tangga

Tangga umumnya menyisakan ruang sisa pada bagian bawahnya yang kerap dimanfaatkan untuk berbagai fungsi sesuai dengan kebutuhan dari pemilik rumah. Namun, nggak semua fungsi baik untuk diaplikasikan pada ruang bawah tangga, lho.

Contoh ga baik
ilmu feng shui tentang tangga
Sumber : Pinterest

Memanfaatkan ruang sebagai dapur bawah tangga atau mini bar adalah salah satu contoh penerapan yang fungsi ruang bawah tangga yang buruk karena penghuni akan berjalan melangkahi makanan yang berada di bawah tangga.

Contoh penerapan fungsi ruang bawah tangga yang baik adalah menjadikannya sebagai gudang atau lemari bawah tangga.

Contoh baik
ilmu feng shui tentang tangga
Sumber : Life Cycle Nepal
ilmu feng shui tentang tangga
Sumber : Design*Sponge

Bahkan, konon katanya meletakkan unsur tanaman pada ruang bawah tangga diyakini bisa memperkuat hubungan yang baik antara penghuni lantai dasar dengan penghuni yang berada di lantai atas rumah, lho!

Baca juga : Membuat Kamar Mandi Bawah Tangga? Ini Triknya

Keselarasan dekorasi ruang dan anak tangga

Untuk melengkapi ruangan, kita terkadang melengkapi ruangan dengan dekor yang menarik. Namun nggak semua dekorasi cocok untuk ruang yang memiliki tangga. Hindari meletakkan cermin berhadapan  dengan tangga karena bisa memperbanyak energi negatif.

ilmu feng shui tentang tangga
Sumber : Pinterest

Mengaplikasikan lukisan kuda ataupun ikan juga bisa jadi ornamen dekorasi yang baik untuk digunakan pada bagian ujung tangga. Namun, usahakan lusikan tersebut memiliki komposisi jumlah yang ganjil, ya, sobat!