Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
jenis ruang santai
Sumber : wnetrza-ze-smakiem

Bagi sebagian orang, kehadiran ruang santai pada hunian ternyata sangat penting lho. Fungsinya sebagai ruang pelepasan kepenatan untuk menikmati hobi atau kegiatan yang bersifat personal, bisa menjadi salah satu ruang untuk ‘me time’ yang pas. Lalu, kira-kira jenis ruang santai seperti apa yang bisa diaplikasikan pada hunian Sobat Rooang ?

Jenis ruang santai untuk para penikmat buku

Bagi para Sobat Rooang yang hobi dan suka banget membaca buku, maka jenis ruang santai yang harus ada di hunian kalian itu adalah perpustakaan atau ruang baca. Dengan menambahkan satu sofa jenis armchair yang nyaman dan lampu baca, jadilah ruang baca atau perpustakaan mini yang syahdu dan cantik.

jenis ruang santai
Sumber : Homemydesign

Tapi jangan lupa juga untuk mengatur dan menata lemari buku dengan rapi, agar ruang baca tetap terasa rapi dan bersih.

Jenis ruang santai untuk para pecinta seni

Jenis ruang santai pada sebuah hunian masih sangat banyak dan bisa dieksplorasi kok. Untuk para Sobat Rooang yang penggemar seni, mungkin butuh ruangan yang artsy untuk ‘me time’.

jenis ruang santai
Sumber : Decoist

Apalagi untuk kalian yang suka banget melukis atau berkreasi seni, ruangan yang artsy semacam inspirasi di atas itu biasanya sih bakalan sering banget digunakan untuk menyendiri.

Ruang santai yang ditujukan untuk para pecinta kebebasan

Inspirasi jenis ruang santai berikutnya pas banget untuk Sobat Rooang yang suka akan kebebasan. Nikmatnya menghirup udara segar sambil bersantai dibanding terkukung di dalam ruangan bisa didapatkan di ruang teras, area balkon, ataupun halaman belakang hunian sebagai alternatif ruang santai.

jenis ruang santai
Sumber : hairoftherabbit

Baca juga : 6 Tanaman Apa Saja Yang Cocok Untuk Menghias Area Balkon

Apalagi jika ruang teras, area balkon, ataupun halaman belakang hunian tersebut Sobat Rooang tambahkan dekorasi pelengkap seperti, sofa cushion, selimut, tanaman dan lampu-lampu hias.

jenis ruang santai
Sumber : wnetrza-ze-smakiem

Baca juga : Memaksimalkan Balkon Menjadi Ruang Terbuka Impian

Untuk yang suka menyendiri, area bawah tangga dan loteng bisa dimanfaatkan

Bawah tangga
jenis ruang santai
Sumber : Pinterest

Tidak semua orang suka melakukan ‘me time’ di ruangan yang terbuka seperti di balkon atau teras rumah. Terkadang ada juga sebagian orang yang lebih suka menikmati waktu santainya di ruangan-ruangan tersembunyi, seperti di area bawah tangga atau di loteng. Sebab, di sana mereka bisa merasa lebih tenang dan damai.

Loteng
jenis ruang santai
Sumber : Freshome

Tentunya bersihkan dan rapikan dahulu ya, area loteng sebelum digunakan sebagai tempat bersantai. Pastikan sirkulasi udara dan pencahayaannya cukup, agar tidak ada debu atau kuman yang mengganggu.

Kalau buat Sobat Rooang, ruang santai yang mana dari inspirasi di atas yang sesuai dengan kebutuhan?