Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
shower tanpa pintu
Sumber: thespruce

Banyak trik yang bisa diterapkan untuk membuat kamar mandi yang nyaman dan menyenangkan. Misalnya Sobat Rooang bisa menghiasnya dengan berbagai dekorasi yang disuka, atau mendesainnya dengan tema yang diinginkan. Selain itu Sobat Rooang juga bisa kok membuat kamar mandi dengan desain yang cukup berbeda dan unik dibanding kamar mandi-kamar mandi kebanyakan. Seperti membuat area shower tanpa pintu.

Salah satu fungsi pintu pada area shower adalah untuk membuat cipratan air tidak menyebar dan membasahi seluruh area kamar mandi. Mengingat konsep ini pun sudah lama diterapkan oleh beberapa orang, sehingga bisa dibilang bukan lagi konsep baru. Hanya saja memang tak semua orang berani membuat area shower tanpa pintu.

membuat area shower tanpa pintu
Sumber: Pinterest

Nah, jika Sobat Rooang ingin membuat area shower tanpa pintu, ada beberapa hal yang sebaiknya juga diperhatikan ya.

Penempatan Shower

Tentukan di mana lokasi atau area shower tersebut nantinya akan dipasang. Pertimbangkan juga keberadaan benda lain yang ada di sekitar area shower, dalam kamar mandi tersebut agar tak terkena cipratan air dan basah.

tips membuat area shower tanpa pintu
Sumber: Pinterest

Shower Head Tak Boleh Dipasang Sembarangan

Memasang shower head secara sembarangan, bisa membuat seluruh area kamar mandi jadi basah nih Sobat Rooang. Mengingat cipratan air saat mandi bisa menyebar ke seluruh bagian kamar mandi tanpa terhalangi. Di mana pintu penyekat area shower yang biasa digunakan untuk menghindari air membasahi seluruh area kamar mandi, tak lagi digunakan di sini.

area shower tanpa pintu
Sumber: natuursteemstrips

Drainase

Salah satu resiko kamar mandi dengan area shower tanpa pintu adalah genangan air pada berbagai titik lantai kamar mandi. Karena itu agar kamar mandi Sobat Rooang tak tergenangi air, sebaiknya pertimbangkan pemasangan saluran drainase air ya. Jika perlu, Sobat Rooang juga bisa pasang lebih dari satu pada beberapa titik.

Area Shower Tanpa Pintu Bisa Diberi Kaca Pemisah

Meski tanpa pintu, area shower juga bisa tetap dipasang penyekat berupa kaca pemisah, tirai atau tembok kok. Sehingga dengan beberapa elemen ini, Sobat Rooang juga dapat mengurangi resiko air yang membasahi seluruh area kamar mandi. Biaya yang dibutuhkan pun kemungkinan tak sebanyak saat ingin membuat area shower dengan pintu. Sehingga opsi ini pun bisa jadi salah satu alternatif yang menarik untuk diterapkan bukan?

cara mendesain area shower tanpa pintu
Sumber: thespruce