Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
cara menentukan sekat ruang tamu
Sumber: decoist

Keberadaan penyekat ruangan, cukup menjadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan. Apalagi kalau ruangan tersebut adalah ruang tamu yang merupakan salah satu area utama di dalam rumah. Agar ruang tamu dan area lain di dalam rumah tampak dibatasi, Sobat Rooang perlu membuat sekat ruang tamu.

Namun untuk beberapa rumah seperti rumah minimalis atau rumah yang ukurannya sempit, membuat penyekat ruangan yang terlalu besar seperti dinding, bisa membuat rumah terkesan makin sempit. Karenanya, perlu diberi penyekat yang lebih efisien dan praktis namun tetap sesuai fungsinya.

Agar ruang tamu tetap terlihat cantik, namun dengan area lain tetap memiliki batasan, ada beberapa cara membuat sekat ruang tamu yang bisa dijadikan pertimbangan.

Ketinggian Dan Lebar Wajib Diperhatikan

membuat sekat ruang tamu
Sumber: creativehomex

Salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan jika ingin mengaplikasikan penyekat untuk ruang tamu adalah memperhatikan ketinggian dan lebar area yang akan diberi penyekat. Sobat Rooang bisa mengaplikasikan penyekat secara penuh dengan sekat yang ukurannya besar dan tertutup, atau menggunakan penyekat yang ukurannya lebih kecil dan memiliki kesan lebih ringan.

Ketebalan Penyekatnya Juga Tak Boleh Dilupakan

membuat penyekat ruang tamu
Sumber: urbnliving

Bukan hanya ketinggian dan lebar penyekat yang harus diperhatikan, ketebalan penyekat pun tak boleh dilupakan nih Sobat Rooang. Jika ingin menggunakan penyekat yang besar, tinggi dan tebal, pertimbangkan space yang akan digunakan untuk penyekat tersebut. Mengingat semakin tebal dan besar penyekat yang digunakan, space yang dibutuhkan pun akan semakin besar bukan? Yang tentunya juga akan mempengaruhi visual dan ukuran ruang tamu.

Cocokkan Dengan Tema Interiornya

cara membuat sekat ruang tamu
Sumber: domino

Jika ingin membuat partisi sekat tersebut tampak lebih menyatu dengan desain interior ruang tamu, tak ada salahnya kok kalau Sobat Rooang juga mempertimbangkan tema atau gaya desain interior yang diterapkan pada ruang tamu. Misalnya dengan gaya skandinavian, Sobat Rooang bisa gunakan penyekat yang warnanya netral dan memiliki kesan simpel.

Usahakan Membuat Sekat Ruang Tamu Se-fleksibel Mungkin

penyekat ruang tamu
Sumber: Pinterest

Salah satu keuntungan menggunakan penyekat ruangan selain dinding adalah Sobat Rooang bisa menggunakan penyekat tersebut untuk fungsi lain yang juga penting. Misalnya dengan menggunakan rak buku sebagai penyekat, Sobat Rooang juga bisa menyimpan buku di sana sehingga lebih efisien. Atau Sobat Rooang juga bisa gunakan penyekat dengan aksen tanaman, sehingga bukan hanya bisa membatasi ruang tamu, penyekat tersebut juga bisa mempercantik interior dan memberi efek segar pada ruangan.

Estetika Keindahan Juga Penting Lho

cara menentukan penyekat ruang tamu
Sumber: evafurniture

Proporsi dan ukuran sekat yang digunakan sebaiknya disesuaikan juga dengan luas ruang tamu dan ruangan di sampingnya. Jadi penyekat tersebut tampak lebih indah dan terkesan penuh estetika. Dibanding mengaplikasikan penyekat yang polos dan kosong, Sobat Rooang pun bisa memilih penyekat yang lebih artsy atau modern.