Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Sumber: domino

Kitchen set memang termasuk salah satu elemen penting bagi dapur. Bukan hanya mempercantik tampilan dapur, tapi memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk menyimpan berbagai peralatan dan perabotan dapur agar lebih rapi. Tapi bukan berarti tanpa kitchen set, dapur kita jadi berantakan dan tak cantik bukan? Ada beberapa trik kok yang bisa diterapkan untuk menata dapur tanpa kitchen set.

Meski agak tricky dalam penataannya, tapi sebenarnya ada beberapa keuntungan yang Sobat Rooang dapat jika memiliki dapur tanpa kitchen set lho. Misalnya seperti menghemat biaya untuk membeli atau membuat kitchen set. Selain itu, konsep dapur tanpa kitchen set ini juga cocok diterapkan untuk dapur sempit.

Nah, untuk menata dapur tanpa kitchen set sendiri seperti apa sih triknya?

Menata Dapur Tanpa Kitchen Set Dengan Memanfaatkan Area Dinding Yang Kosong

Area dinding yang kosong dapat Sobat Rooang manfaatkan untuk menggantung berbagai peralatan masak. Sobat Rooang bisa menggantung peralatan dapur tersebut menggunakan rak gantung sederhana dan paku. Namun setelah menggunakan peralatan dapur tersebut, sebelum mengembalikannya ke tempat semula ada baiknya kalau Sobat Rooang membiarkan air bekas cuciannya mengering terlebih dahulu. Jadi tetesan airnya tak akan mengotori dapur dan meninggalkan bekas noda yang bikin dapur jadi tampak kurang cantik.

menata dapur tanpa kitchen set
Sumber: domino

Pertimbangkan Menggunakan Rak Vertikal

Untuk penataan dapur yang luasnya terbatas, rak vertikal dapat membantu penataan lho. Sehingga dapur pun terkesan lebih lapang. Tanpa kitchen set, Sobat Rooang juga bisa mempertimbangkan penggunaan rak vertikal untuk menyimpan berbagai keperluan dapur. Jangan lupa untuk menatanya serapi dan sebaik mungkin ya agar memudahkan saat pengambilan bahan atau bumbu makanan.

dapur tanpa kitchen set
Sumber: houzz

Bagian Bawah Wastafel Dapat Dijadikan Tempat Penyimpanan

Banyak yang mengabaikan bagian bawah wastafel, sehingga dibiarkan kosong begitu saja. Padahal area tersebut bisa kok dimanfaatkan juga sebagai salah satu tempat penyimpanan yang cukup menguntungkan. Berbagai barang seperti tempat sampah, cairan pembersih lantai, stok sabun cuci piring, panci-panci berukuran besar dan berbagai perlengkapan dapur lainnya dapat disimpan di bagian bawah wastafel.

cara menata dapur tanpa kitchen set
Sumber: Pinterest

Pintu Kabinet Atau Lemari Pun Bisa Dimanfaatkan

Kunci menata dapur yang tak memiliki kitchen set yang paling penting adalah memanfaatkan berbagai area untuk tempat penyimpanan. Termasuk juga pada bagian balik pintu kabinet atau lemari yang ada di dalam dapur. Sobat Rooang bisa membuat kantong atau gantungan sederhana di balik pintu lemari untuk memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan yang praktis.

tips menata dapur tanpa kitchen set
Sumber: seevanessacraft

Tata Dengan Rapi

Tata semua peralatan dapur atau peralatan masak yang dimiliki dengan teratur dan rapi. Urutkan berdasarkan kegunaan dan intensitas penggunaan sehingga tidak menyulitkan jika ingin mengambilnya kembali saat akan menggunakan.

konsep menata dapur tanpa kitchen set
Sumber: glamshelf