1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tips mengecek kualitas bangunan
Sumber: Southern Living

Meneliti dan mengecek kualitas bangunan saat akan membeli rumah merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan lho Sobat Rooang. Bukan hanya untuk rumah bekas atau seken, tapi juga jika Sobat Rooang ingin membeli rumah dengan bangunan baru. Pasalnya kualitas bangunan dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan dalam hunian.

Jadi jangan sampai karena tak mengecek kualitas bangunan, rumah yang baru dibeli tersebut ternyata kurang nyaman dan aman untuk ditinggali sehingga kemudian harus direnovasi sedemikian rupa. Yang ada hal tersebut nantinya justru hanya akan menyulitkan kita sendiri bukan?

mengecek kualitas bangunan rumah
Sumber: tinywhitedaisies

Berikut ini ada beberapa tips untuk mempermudah saat mengecek kualitas bangunan dari rumah yang akan dibeli.

  1. Usia bangunan. Terlebih jika Sobat Rooang akan membeli rumah bekas/seken. Mengingat usia bangunan dapat mempengaruhi kekuatan dan kokohnya bangunan tersebut lho.
  2. Spesifikasi bangunan. Bukan hanya untuk pembelian rumah seken/bekas, Sobat Rooang juga tetap harus mengecek spesifikasi bangunan pada rumah baru.
mengecek kualitas bangunan
Sumber: elledecor

3. Memperhatikan dan meneliti area dinding rumah apakah terdapat noda jamur atau tidak, lembap atau tidak. Pasalnya jika dinding rumah terasa lembap, bisa saja hal itu karena ada kebocoran pada bagian rumah yang membutuhkan perbaikan. Terutama Sobat Rooang harus memperhatikan area kamar mandi dan dapur.

4. Perhatikan area plafon. Teliti kalau-kalau ada bentuk langit-langit rumah yang tampak bernoda bekas rembesan air, memiliki kerutan atau kendur.

5. Jika Sobat Rooang membeli rumah seken/bekas, jangan lupa untuk mengecek juga semua furnitur atau bagian yang terdapat di dalam rumah. Misalnya jika ada lemari atau kitchen set di area dapur. Buka semua pintunya dan cek apakah lemari atau kitchen set tersebut lembap dan berjamur. Pengecekan ini juga akan membantu Sobat Rooang untuk mengindikasi jika ada kebocoran pada area tersebut atau kurangnya ventilasi.

6. Teliti setiap bagian dinding rumah. Cek apabila ada retakan pada dinding, baik pada bagian dalam rumah atau pada bagian luar rumah.

cara mengecek kualitas bangunan
Sumber: roomadness

7. Pada bagian kamar tidur dan kamar mandi, cek apakah terdapat noda jamur yang menempel. Mengingat biasanya meski telah dibersihkan, tetap akan ada noda jamur yang tertinggal.

8. Pastikan plester dinding interior rumah tersebut tampak rapi dan rata. Karena jika muncul retakan serabut pada beberapa sisi, bisa jadi karena berasal dari retakan akibat salah pengerjaan lho. Jadi jangan disepelekan ya.

1 COMMENT