Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
ide pencahayaan ruang kerja
Sumber: decoist

Pencahayaan bagi sebuah ruangan memang sangat penting. Bukan hanya bisa mempengaruhi kesehatan mata, tapi juga sangat mempengaruhi mood dan produktivitas kerja. Karena itu pentingnya pencahayaan di ruang kerja, perlu sangat diperhatikan demi kenyamanan kerja.

Pasalnya ruang kerja yang pencahayaannya kurang, bisa bikin kita mudah merasa mengantuk. Namun tak berarti pencahayaan yang terlalu terang juga lebih baik. Karena pencahayaan yang terlalu terang di dalam sebuah ruangan, juga bisa jadi malah menyiksa mata kita. Nah untuk membuat pencahayaan yang tepat di dalam ruang kerja, ada beberapa trik yang bisa diterapkan.

Sesuaikan Tingkat Pencahayaan Dengan Aktivitas Yang Dilakukan

Umumnya semakin tinggi kerja mata karena aktivitas yang dilakukan, maka semakin tinggi juga tingkat pencahayaan yang dibutuhkan agar mata dapat bekerja dengan baik dan tak mudah lelah. Aktivitas ini biasanya berupa aktivitas membaca, menulis serta menggambar.

pentingnya pencahayaan di ruang kerja
Sumber: officesnapshots

Pencahayaan Yang Merata

Memfokuskan pencahayaan pada satu bidang di tempat kerja, bisa jadi mengganggu kinerja mata dan berimbas pada mood kerja nih Sobat Rooang. Karena itu ada baiknya Sobat Rooang membuat pencahayaan yang merata pada tempat kerja, sehingga mata juga tak cepat lelah dan suasana kerja terasa lebih menyenangkan.

pencahayaan merata ruang kerja
Sumber: myparadissi

Ukuran Ruang Mempengaruhi Pentingnya Pencahayaan Di Ruang Kerja

Pemanfaatan cahaya pada ruangan yang sempit dan ruangan yang luas tentu berbeda. Karena itu pencahayaan yang akan diaplikasikan dalam sebuah ruang kerja, sudah pasti harus disesuaikan dengan ukuran ruangan tersebut. Sehingga cahaya yang dihasilkan pun lebih proporsional dan sesuai dengan kebutuhan.

pencahayaan merata ruang kerja
Sumber: officesnapshots

Hindari Titik Pencahayaan Yang Membuat Silau

Misalnya dengan menempatkan lampu yang berhadapan langsung dengan posisi duduk dan posisi kerja kita. Karena dengan konsep pencahayaan yang seperti ini bukannya akan membuat pencahayaan kita terasa lebih baik, namun justru akan membuat kita silau karena menerima pencahayaan yang langsung mengarah ke tempat kita bekerja. Dibanding menempatkan lampu yang langsung menghadap ke mata kita, Sobat Rooang lebih baik menempatkan lampu di atas meja yang cahayanya langsung jatuh ke atas meja kerja kita bukan?

pencahayaan ruang kerja
Sumber: Pinterest

Selain itu jika Sobat Rooang bekerja dengan menggunakan komputer, hindari meletakkan lampu yang cahayanya bisa memantul di layar monitor. Mengingat pencahayaan yang memantul di layar monitor juga dapat membuat mata kita silau dan tak nyaman.