Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
SOURCEIkons
rumah bioklimatik
Sumber : ikons

Apakah para Sobat Rooang, pernah mendengar soal ‘Rumah Bioklimatik’ ? Masih terdengar asing sih di telinga, tapi tahu ga sih, kalau ‘Rumah Bioklimatik’ ini digadang-gadang bisa menjadi sebuah terobosan yang bisa mengoptimalkan efisiensi energi untuk sebuah hunian? Beneran ga ya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini :

Rumah Bioklimatik, coba diciptakan untuk mengoptimalkan efisiensi energi

Perusahaan arsitektur internasional Sanzpont telah merancang Rumah Bioklimatik yang dibentuk oleh kondisi situs di Cancun, Meksiko. Saat ini sedang dikembangkan, rumah keluarga tunggal – dijuluki T & N Villa – yang akan ditempati properti tepi utama dalam subdivisi “La Laguna 1” di Puerto Cancun. Bentuk bangunan kontemporer sebagian besar diinformasikan oleh analisis berbagai situs para arsitek, yang meliputi studi radiasi termal dan pengumpulan data tentang iklim untuk menentukan massa dan orientasi optimal untuk efisiensi energi. 

rumah bioklimatik
Sumber : ikons

T & N Villa yang diusulkan ini memiliki luas 1041 meter persegi. Yaitu berupa bangunan dua lantai yang bisa dihuni, selain tempat parkir bawah tanah dan atap yang dapat diakses. Fasad depan yang menghadap ke jalan akan terdiri dari dua volume utama – bagian kiri memiliki dinding hijau yang didukung oleh bingkai kayu, sedangkan volume kanan didominasi oleh cat vinil putih. Bagian belakang yang menghadap ke air terdiri dari dinding bercat vinil putih yang menonjol keluar untuk memberikan perlindungan dari matahari. Hamparan glazur yang besar akan diperlakukan dengan perlindungan UV, dan jendela di bagian muka depan akan diberi nuansa hijau untuk privasi ekstra. Tirai roller perak non-reflektif akan menawarkan perlindungan matahari tambahan.

rumah bioklimatik
Sumber : ikons

Dengan menggunakan analisis iklim yang cermat yang mencakup suhu, tingkat kelembaban, kecepatan angin, insidensi matahari dan bahkan kekeruhan dari waktu ke waktu, para arsitek merancang desain bioklimatik untuk mencapai kenyamanan termal sepanjang tahun. Kenyamanan juga dipastikan melalui penempatan jendela secara hati-hati untuk memfasilitasi ventilasi silang dan pencahayaan alami terbaik. Arsitekturnya juga dimodifikasi dengan perlindungan matahari, seperti kisi-kisi dan membran pelindung surya “Serge Ferrari”, untuk mengurangi perolehan sinar matahari yang tidak diinginkan dan mengurangi ketergantungan pada AC. Atap hijau juga menyediakan lapisan isolasi tambahan.

rumah bioklimatik
Sumber : ikons

“Dalam rangka meningkatkan kenyamanan termal dan efisiensi permintaan energik, diputuskan bahwa fasad akan terdiri dari bahan-bahan padat umum, dengan bukaan sangat sedikit,” jelas arsitek. “Perlindungan matahari dan privasi diselesaikan dengan jendela vertikal sempit, dinding hijau, dinding dengan ruang udara dengan insulasi termal dan serangkaian kisi untuk mencegah radiasi matahari di dalam rumah, sehingga mampu menciptakan penekanan pada vertikalitas.”

Bagaimana menurut, Sobat Rooang?