Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
mengenal konsep taman kering
Sumber: listspirit

Lahan terbatas pada hunian, tak berarti menghalangi keinginan Sobat Rooang untuk memiliki hunian yang asri, sejuk dan segar dengan area taman. Karena memiliki taman rumah, tak melulu harus berukuran besar kok. Konsepnya pun tak harus di luar rumah. Mengingat ada konsep taman kering yang bisa Sobat Rooang terapkan di dalam rumah.

konsep taman kering
Sumber: deavita

Konsep taman kering sebenarnya merujuk pada taman zen Jepang. Yang mana secara umum, konsep taman kering dengan taman biasa sebenarnya sama. Hanya saja pada taman kering, jenis tanaman yang ditanam biasanya jenis tanaman yang tak membutuhkan banyak cahaya dan air. Karenanya, taman kering juga merupakan konsep taman dengan unsur air yang lebih minim dibanding taman biasa. Pencahayaan alami sinar matahari yang dibutuhkan oleh tanaman di taman kering juga umumnya berbeda dengan jenis tanaman yang biasanya ditanam di taman halaman rumah. Mengingat pencahayaan di dalam rumah lebih terbatas dibanding pencahayaan di luar rumah.

mengenal taman kering
Sumber: hometalk

Nah jika Sobat Rooang ingin menerapkan konsep taman ini pada hunian pribadi, ini lho beberapa ciri khas dari taman kering:

  1. Tanaman yang digunakan cukup minimalis, mengingat luas area yang digunakan untuk menciptakan sebuah taman juga terbatas. Sehingga jumlah tanamannya pun umumnya tak sebanyak taman biasa.
  2. Lebih bebas dan bisa ditempatkan di area mana saja di dalam rumah. Karena konsepnya memanfaatkan area yang ada, jadi Sobat Rooang lebih bebas memilih tempat yang ada. Misalnya dengan memanfaatkan area kosong di bawah tangga, area kosong di dekat dapur atau area tengah rumah yang menjadi penghubung antara ruang tamu dan ruang makan.
  3. Tak membutuhkan banyak cahaya dan air. Karena lokasinya yang berada di dalam rumah, Sobat Rooang sebaiknya memilih jenis tanaman yang tak butuh banyak cahaya dan air ya.
  4. Tak harus tanaman hidup, Sobat Rooang juga bisa gunakan tanaman berbahan sintetis lho. Sehingga perawatannya pun lebih mudah tanpa membutuhkan banyak perhatian khusus. Sobat Rooang hanya perlu membersihkannya saja deh agar tak banyak debu yang menumpuk.
  5. Agar tak terkesan kotor di dalam hunian, biasanya batu kerikil banyak dijadikan pilihan untuk material taman. Pemilihan material ini juga akan mempengaruhi desain interior ruangan sehingga tampak lebih cantik dan artistik.
ciri taman kering
Sumber: usefulgardenideas
taman kering
Sumber: Pinterest

2 COMMENTS