Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tips membuat tangga di dalam rumah
Sumber: mikedunn

Tangga termasuk salah satu bagian penting pada rumah bertingkat. Selain itu, desain tangga juga merupakan bagian penting dari sebuah interior rumah. Karenanya, banyak faktor yang harus diperhatikan juga saat ingin membuat tangga di dalam rumah. Spesifikasi bentuk, ukuran anak tangga, ketinggian serta kekuatannya pun termasuk beberapa hal teknis yang harus diperhatikan dengan baik.

Selain itu, elemen yang berhubungan dengan desain interior juga tak kalah penting. Misalnya seperti warna, model serta pencahayaannya. Karena itu sebagai referensi bagi Sobat Rooang yang ingin membuat tangga di dalam rumah, ada beberapa tips yang sebaiknya tak diabaikan begitu saja. Apa saja sih tipsnya?

membuat tangga di dalam rumah
Sumber: dezeen

Memperhatikan Beberapa Unsur Penting

Ada beberapa unsur penting yang sebaiknya diperhatikan saat ingin membuat tangga, yaitu:

1) Unsur kenyamanannya,

2) Ukuran serta lokasi tangga,

3) Kesesuaian model tangga dengan tema interior ruangan,

4) Ketinggian pagar tangga yang aman,

5) Ukuran dan ketinggian masing-masing anak tangga,

6) Bentuk tangga,

7) Material yang akan digunakan.

cara membuat tangga di dalam rumah
Sumber: jbirdny

Pemilihan Gaya Atau Model Tangga

Saat ingin menentukan model atau gaya tangga yang akan dibuat, Sobat Rooang sebaiknya sudah tahu terlebih dahulu apa tema yang akan diterapkan pada interior hunian. Sehingga tema seluruh ruangan dapat berkesinambungan satu sama lain dan tampak saling mendukung. Pemilihan warna dan hiasan dinding yang akan diaplikasikan pada tangga pun akan jadi lebih mudah setelah Sobat Rooang tahu tema atau gaya yang akan diaplikasikan pada interior dan tangga.

desain tangga untuk rumah
Sumber: freedom

Kenyamanan Menggunakan Tangga Di Rumah

Ada baiknya saat memilih jenis material yang akan diaplikasikan, Sobat Rooang mempertimbangkan kebiasaan saat berjalan di dalam rumah. Misalnya jika biasa berjalan di dalam rumah tanpa alas kaki, ada baiknya Sobat Rooang menggunakan material seperti kayu untuk tangga. Mengingat lapisan kayu umumnya terasa lebih hangat dibanding material lain seperti granit.

material tangga rumah
Sumber: londonart

Membuat Tangga Di Dalam Rumah Harus Perhatikan Pencahayaannya

Fungsi tangga tentu sebagai sarana untuk naik dan turun antar lantai di dalam rumah. Karenanya pencahayaan jadi salah satu unsur yang sangat penting demi kenyamanan dan keamanan untuk mengurangi resiko terjatuh.

ide tangga untuk rumah
Sumber: luxesource

Dibanding mengandalkan cahaya alami dari matahari, sebaiknya Sobat Rooang memasang lampu tambahan guna menerangi tangga di dalam rumah. Misalnya dengan memasang lampu yang memiliki desain cantik pada dinding sekitar tangga, memasang chandelier pada langit-langit ruangan yang tak jauh dari area tangga atau berbagai ide pencahayaan lainnya yang dapat disesuaikan dengan gaya interior. Lebih baik menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bukan?