Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
trik menanam di taman rumah
Sumber: RunmanReCords Design

Kurang lengkap rasanya kalau masih punya area kosong di depan rumah atau halaman, tapi tak dijadikan taman. Padahal taman rumah bisa bikin rumah tampak lebih cantik serta sejuk. Kalau Sobatt Rooang khawatir karena belum punya pengalaman bertanam, ada beberapa tips untuk menanam di taman rumah yang bisa Sobat Rooang terapkan meski baru belajar kok.

Dengan beberapa tips untuk menanam di taman rumah ini, Sobat Rooang pun jadi lebih mudah merawat tanaman dan taman rumah agar selalu tampak cantik. Apa saja sih tipsnya?

Tentukan Ingin Gunakan Pot Atau Tidak

Media tanam cukup berpengaruh terhadap cara bertanam yang ingin Sobat Rooang terapkan. Misalnya jika ingin menggunakan Pot, Sobat Rooang harus menyesuaikan bentuk dan ukuran pot tersebut sesuai dengan tanaman yang akan ditanam di dalamnya. Karena jika tidak proporsional, bisa jadi pot tersebut akan terlalu kecil atau terlalu besar untuk tanaman tersebut.

tips untuk menanam di taman rumah
Sumber: Pinterest

Menentukan Lokasi Berdasarkan Jenis Tanaman

Setiap tanaman punya karakter yang berbeda-beda. Ada yang butuh terkena banyak sinar matahari, namun ada juga yang tak butuh banyak terkena sinar matahari. Karenanya, sebaiknya Sobat Rooang menentukan lokasi di mana setiap jenis tanaman akan diletakkan berdasarkan kebutuhannya ya.

tips untuk menanam di taman
Sumber: domino

Ketahui Kebutuhan Airnya

Layaknya kebutuhan sinar matahari yang bisa berbeda-beda untuk setiap tanaman, kebutuhan air untuk tanaman satu dengan yang lainnya mungkin juga berbeda-beda. Agar tak kekurangan atau justru kelebihan air, sebaiknya Sobat Rooang tahu lebih dulu nih kebutuhan air dari masing-masing tanaman yang akan ditanam.

cara menanam di taman rumah
Sumber: homedit

Pilih Jenis Tanaman Yang Mudah Dirawat

Ada beberapa jenis tanaman yang memang mudah tumbuh dan tak membutuhkan perawatan rumit jika dibandingkan dengan beberapa jenis tanaman lainnya. Misalnya seperti bunya dahlia, melati, bouegenville atau bunga lavender. Selain jenis bunga, Sobat Rooang juga bisa memilih jenis tanaman seperti tomat, cabe, bawang yang tak membutuhkan perawatan rumit. Jadi bukan hanya taman rumah akan terlihat cantik, tapi Sobat Rooang pun bisa menikmati hasilnya bukan?

menanam di taman rumah
Sumber: domino

Gunakan Pupuk

Jangan lupa untuk memastikan tanaman-tanaman tersebut tumbuh subur dan sehat, Sobat Rooang bisa gunakan pupuk untuk proses penanamannya. Jangan lupa juga untuk mengontrol dan merawat tanaman-tanaman di taman rumah secara rutin ya.