Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
konsep rumah modern
Sumber: ofirsrl

Konsep desain interior dan arsitektur hunian selalu berkembang dari masa ke masa. Seiring perkembangannya, tak heran jika ada beberapa konsep atau elemen desain interior yang banyak berubah pada hunian.

Yang mana perbedaan-perbedaan tersebut umumnya juga lebih disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi ruang serta furnitur yang dipakai agar lebih efisien dan praktis. Dari yang banyak berubah pada hunian, ini lho beberapa di antaranya…

Ruangan Bersekat Menjadi Ruangan Dengan Konsep Terbuka

Perkembangan konsep hunian yang banyak menerapkan gaya terbuka, tak jarang dianggap lebih efisien untuk pembagian space di dalam hunian atau biasa dikenal dengan istilah open plan. Konsep ini juga banyak disukai karena dianggap lebih modern dan cocok untuk rumah yang luasnya cukup terbatas. Konsep open plan ini biasanya diterapkan pada ruang makan dengan dapur atau ruang tamu dengan ruang makan dan sekaligus dapur.

yang banyak berubah pada hunian
Sumber thelittledesigncorner
konsep yang banyak berubah pada hunian
Sumber: decoist

Jarang Yang Memiliki Gudang Sebagai Tempat Penyimpanan

Menyiasati lahan atau area hunian yang semakin terbatas, penggunaan ruang pun sering kali semakin dimaksimalkan untuk lebih dari satu fungsi. Misalnya jika pada konsep hunian lama tak sedikit rumah yang memiliki gudang sebagai tempat penyimpanan, pada perkembangannya kini tak sedikit rumah yang tak lagi memiliki gudang. Sebagai ganti penggunaan gudang sebagai tempat penyimpanan, kini disiasati dengan penggunaan space yang multifungsi seperti area penyimpanan pada bawah tangga.

area penyimpanan bawah tangga
Sumber: yearofthethug
area penyimpanan di bawah tangga
Sumber: Pinterest

Furnitur Yang Memiliki Satu Kegunaan Menjadi Furnitur Multifungsi

Salah satu tujuan penggunaan furnitur yang multifungsi adalah untuk memaksimalkan space atau ruang terbatas pada hunian. Misalnya dengan memakai penyimpanan yang lebih praktis seperti lemari penyimpanan di bawah kasur. Sehingga fungsi ranjang bukan hanya sebagai tempat untuk meletakkan tempat tidur atau kasur, tapi juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan.

area penyimpanan bawah tempat tidur
Sumber: ikea
area penyimpanan di bawah tempat tidur
Sumber: apartmenttherapy

Sobat Rooang juga dapat menemukan furnitur-furnitur lain yang bisa digunakan untuk lebih dari satu fungsi atau yang sifatnya praktis.

Konsep Pembagian Ruangan Juga Salah Satu Yang Banyak Berubah Pada Hunian

Bukan hanya penggunaan furnitur yang menjadi lebih multifungsi, pembagian ruangan dalam konsep hunian modern juga tak jarang menerapkan konsep serupa. Misalnya konsep ruang tamu yang juga difungsikan sebagai ruang keluarga atau dapur yang sekaligus sebagai area meja makan. Sehingga pembagian ruangan dalam hunian modern pun jadi tak sebanyak sebelumnya, namun dengan penggunaan yang lebih maksimal dan tetap bisa memenuhi kebutuhan.

Penyekat ruangan yang digunakan pun tak lagi harus menggunakan dinding, namun bisa hanya dengan rak atau pengaplikasian karpet pada lantai untuk memberi batas ilusi antara ruang satu dengan ruang lainnya.

ruang tamu sekaligus ruang keluarga
Sumber: mydomaine
dapur sekaligus ruang makan
Sumber: newsville

Dari beberapa konsep yang berubah, masing-masing pengaplikasiannya tentu harus lebih disesuaikan dengan kebutuhan agar dapat menciptakan hunian yang nyaman.