Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
jadikan ruang keluarga unik
Sumber : centralazdining

Gaya hidup orang Jepang yang mengedepankan ketenangan dan keseimbangan, jadi inspirasi yang kuat untuk mempopulerkan konsep ‘Zen living‘ pada hunian-hunian di dunia. Meskipun konsep ‘Zen living’ ini berawal dari ajaran Buddha dari India yang datang ke China kemudian berkembang hingga ke Jepang, namun konsep soal ajaran ketenangan dan keseimbangan yang diajarkan mengakar kuat pada budaya masyarakat Jepang. Sehingga hal tersebut pun berpengaruh dalam soal penataan ruang di hunian. Nah, soal konsep ‘Zen living’ ini ternyata bisa membuat suasana ruang keluarga menjadi unik, lho! Yuk, sama-sama kita jadikan ruang keluarga unik dengan nuansa ‘Zen living’! Gimana tips dan triknya?

Jadikan ruang keluarga unik dengan keberadaan tanaman hijau

Unsur ketenangan dan keseimbangan sebuah ruangan bisa Sobat dapatkan dengan keberadaan tanaman hijau pada area ruang keluarga. Makanya yuk, jadikan ruang keluarga unik dengan penggunaan tanaman hijau di dalam ruangan. Sebab, secara psikologis pun unsur tanaman hijau di dalam ruangan itu dipercaya mampu memancarkan energi ketenangan yang menjadi prinsip penting untuk ‘Zen living’.

jadikan ruang keluarga unik
Sumber : hgtv

Selain itu, adanya tanaman hijau juga bisa jadi penyejuk mata dan aksen dekoratif ruangan yang manis kan, Sobat Rooang!

Berikan satu sudut di ruang keluarga sebagai area untuk berkreasi

Jadikan ruang keluarga unik ala konsep ‘Zen living’ bisa juga diaplikasikan dengan menyiapkan satu sudut di ruangan, sebagai tempat untuk berkreasi dan stress release. Cara ini dibilang cukup ampuh untuk mengatasi stress sih. Sebab, di ruang berkreasi inilah segala macam beban, rasa lelah dan juga stress dihilangkan.

jadikan ruang keluarga unik
Sumber : decoist

Membuat sudut kreatif di dalam ruang keluarga sih simpel aja. Caranya bisa dengan menyiapkan satu meja dan kursi berukuran kecil yang dihiasi oleh beragam pernak-pernik kreatif milik Sobat Rooang. Dan di meja itulah, Sobat bisa menggambar, melukis atau menulis jurnal harian yang dibuat sebagai sebuah cara atau metode untuk stress release! 

Nuansa ‘Zen living’ yang tenang bisa digambarkan melalui bean bag

Bean bag yang juga punya nama lain sebagai sofa malas, yang bisa jadi salah satu elemen  untuk mengaplikasikan nuansa ‘Zen living’ lho!

jadikan ruang keluarga unik
Sumber : Pinkax

Soalnya si bean bag ini, pas banget untuk digunakan sebagai salah satu benda yang bisa bikin santai dan rileks di dalam ruang keluarga.

jadikan ruang keluarga unik
Sumber : Nawfalnur

Selain itu juga bikin interior ruang keluarga di rumah kalian menjadi tampil lebih edgy, cozy dan atraktif!

Buat ruangan lebih rileks dengan warna

Jadikan ruang keluarga unik dengan nuansa ‘Zen living’ bisa dibangun dengan warna-warna yang menenangkan. Misalnya warna monokromatik yaitu abu-abu, putih, dan hitam bisa dijadikan warna utama ruangan, yang kemudian bisa dikolaborasikan dengan warna-warna mencolok kayak pink atau oranye sebagai warna pendamping.

jadikan ruang keluarga unik
Sumber : Scala Beyond
jadikan ruang keluarga unik
Sumber : madebymood

Jadinya ruangan bisa tampil secara seimbang gitu, ada nuansa warna yang terang namun ada juga nuansa warna yang kalem.

Interior ruangan lebih relaxing dengan aromaterapi

Penggunaan aromaterapi untuk menyegarkan ruangan kini memang mulai populer di kalangan pemilik rumah. Karena aromaterapi dipercaya mampu menyebarkan aroma yang bisa membuat kalian merasa lebih tenang saat berada di dalam rumah. Soalnya aroma yang tercium di dalam ruangan, juga sangat berpengaruh menciptakan ketenangan di dalam ruangan, lho.

jadikan ruang keluarga unik
Sumber : witanddelight

Jadi penataan ruang keluarga ala ‘Zen living’ ini membuktikan bahwa bukan hal yang mustahil untuk bisa rileks di dalam rumah sendiri.