Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
jenis fasad rumah
Sumber : buildyour

Iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan saat mendesain sebuah rumah tinggal. Oleh karena itu banyak banget desainer atau pun arsitek yang cukup concern dengan gaya desain rumah tinggal di iklim tropis. Soalnya dari segi fasad saja pun, harus benar-benar dipikirkan banget loh! Nah, kira-kira seperti apa dan ada berapa sih jenis fasad rumah tropis yang bisa diaplikasikan di Indonesia? Yuk, cari tahu jawabannya sama-sama!!

Jenis fasad rumah tropis dari batu alam

Penggunaan batu alam untuk fasad sebuh hunian memang sudah ga asing lagi sih. Biasanya si batu alam ini diaplikasikan pada dinding luar hunian gitu, Sobat.

jenis fasad rumah
Sumber : stoneyard

Pilihan batu alam yang digunakan pun, ada beragam banget. Bisa dari batu andesit, batu palimanan, atau batu paras Jogja. Kalau soal memilih jenis batu alam ini sih, semuanya tergantung kebutuhan Sobat Rooang saja sih. Pilih yang paling mendekati gaya atau konsep desain hunian yang dikehendaki, supaya tidak berbeda jauh dengan konsep gaya interior yang akan digunakan.

Jenis fasad rumah tropis itu selalu identik dengan lubang

Karena iklim tropis itu identik dengan tingkat kelembapan udara yang tinggi, makanya lubang angin di dalam desain hunian itu menjadi penting. Lubang angin ini sendiri berfungsi sebagai lubang pertukaran udara di dalam hunian, serta sebagai lubang sirkulasi perputaran udara.

jenis fasad rumah
Sumber : plataformaarquitectura

Adapun material yang bisa difungsikan sebagai fasad sekaligus elemen untuk membuat fungsi lubang angin pada hunian lebih maksimal, yaitu roster.

Baca juga : Bata Roster,  Lubang Angin Cantik Nan Menawan

jenis fasad rumah
Sumber : Living ASEAN

Mengaplikasikan kisi-kisi kayu untuk rumah tropis juga menarik

Jenis fasad rumah tropis lainnya yang bisa Sobat Rooang aplikasikan selain menggunakan batu alam, dan bata roster adalah kisi-kisi kayu berikut ini!

jenis fasad rumah
Sumber : archdaily
jenis fasad rumah
Sumber : archdaily

Selain karena memang unsur kayu lekat dengan konsep hunian tropis, penggunaan kisi-kisi kayu sebagai elemen fasad hunian bisa membuat tampilan rumah Sobat Rooang dari luar tampil lebih estetik, lho!

Tampil tropis dengan tanaman hijau bisa membuat hunian lebih sejuk

Tak jarang fasad rumah tropis juga diartikan dengan cara menanam banyak tanaman hijau di dekat area fasad hunian. Tanaman hijau itu bisa berupa pepohonan besar atau malah jenis tanaman rambat kayak gini, Sobat!

jenis fasad rumah
sumber : outdoordesign

Lalu, Sobat mau pilih jenis tampilan fasad rumah tropis yang mana nih ?

 

2 COMMENTS