Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
manfaat garam
Sumber : medicalnewstoday

Siapa sangka kalau bumbu dapur bisa memilik manfaat lain, selain untuk digunakan di dalam bumbu masakan. Misalnya bumbu dapur yang akan dibahas berikut ini, yaitu garam. Ternyata bumbu dapur yang satu ini, yaitu garam sangat banyak sekali manfaatnya. Apa saja ya, manfaat garam di dalam dapur? Penasaran kan? Yuk, cari tahu jawabannya bareng-bareng di sini!

manfaat garam
Sumber : Thinkstock

Manfaat garam di dalam dapur sebagai pengawet makanan

Mengutip dari Fine Dining Lovers, ternyata manfaat garam di dalam dapur itu bisa digunakan sebagai pengawet alami makanan, Sobat!

manfaat garam
Sumber : Fine Cooking

Garam adalah salah satu cara alami untuk bisa mengawetkan daging dan ikan. Sobat Rooang hanya perlu menaburkan garam dan ikan sebelum disimpan. Selain untuk daging, garam akan membantu untuk mengawetkan buah lemon agar tak cepat mengering setelah dipakai.

Digunakan untuk membersihkan kompor di dapur juga bisa

Manfaat garam di dalam dapur yang lainnya adalah Sobat bisa menggunakannya sebagai bahan pembersih. Maksudnya garam ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membersihkan kompor di dapur yang terkena noda atau cipratan minyak ketika memasak.

manfaat garam
Sumber : Ferguson

Kompor seringkali kotor karena kuah masakan yang tumpah, kan? Nah, agar tumpahan kuah ini tak mengeras dan meninggalkan noda, lapisi kompor dengan garam. Lapisan garam ini akan membantu kalian untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di kompor.

Wajan besi berkerak pun bisa dibersihkan dengan garam

Selain bisa membersihkan kompor, garam juga bisa lho Sobat Rooang gunakan sebagai pembersih dari wajan besi yang berkerak.

manfaat garam
Sumber : Epicurious

Caranya adalah dengan menaburkan garam di atas wajan, tambahkan sedikit air, dan gosok perlahan. Dijamin deh, abis itu tampilan wajan besi berkerak yang ada di rumah jadi bersih dan mengkilap!!

Manfaat garam di dalam dapur juga bisa untuk membersihkan talenan kayu

Talenan kayu yang sering digunakan untuk potong-memotong pasti akan kotor kan?! Nah, supaya talenan tersebut bisa bersih, Sobat tinggal ambil garam saja kok. Soalnya manfaat garam di dalam dapur ternyata bisa juga dipakai untuk membersihkan talenan.

manfaat garam
Sumber : krjogja

Untuk membersihkan talenan, lapisi talenan dengan garam kasar dan tambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk membersihkannya. Setelah itu bilas dengan air bersih, dan talenan kayu jadi bersih deh!

 

2 COMMENTS