1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
SOURCEFurnizing
taman di dalam rumah
Sumber : archdaily

Mendesain rumah yang ramah lingkungan tentunya sudah menjadi keharusan bagi setiap arsitek yang ada di dunia. Desain yang ramah lingkungan dengan adanya minimalisasi penggunaan energi, berbagai macam tumbuhan dan juga ruang terbuka yang cukup di dalam rumah adalah sebagian cara mewujudkan eco-house. Seperti halnya rumah satu ini di Ho Chi Minh City, Vietnam. Rumah yang mewujudkan konsep eco-house ini mendesain area taman di dalam rumah, lho! Wah, sungguh menarik yah, konsep hunian di Vietnam ini. Penasaran kayak gimana sejuk dan asrinya, taman di dalam rumah? Yuk, kita lihat bareng-bareng inspirasinya.

Taman di dalam rumah ternyata bisa diwujudkan lho!

taman di dalam rumah
Sumber : archdaily

Rumah yang didesain oleh MM++ Architects ini terasa sangat asri baik di luar maupun di dalam bangunannya. Rumah ini dibangun di kawasan perumahan Ho Chi Minh yang cukup padat. Ukuran rumah sebesar 13 meter x 19 meter ini merupakan hunian milik pasangan muda dengan dua orang anak. Dengan ukuran rumah yang tentunya tidak kecil, penataan hunian dilengkapi dengan adanya taman dan void di bagian interiornya.

taman di dalam rumah
Sumber : archdaily
taman di dalam rumah
Sumber : archdaily
taman di dalam rumah
Sumber : archdaily

Tentu saja adanya taman di dalam rumah ini membuat cahaya alami matahari mudah masuk ke dalam hunian, dan ditambah lagi sirkulasi pertukaran udara jadi lebih mudah.

taman di dalam rumah
Sumber : archdaily
taman di dalam rumah
Sumber : archdaily

Rumah dengan dua lantai ini memiliki orientasi ke arah barat. Karena hal itu, pada bagian depannya dibuat sunshade agar cahaya matahari panas di siang hari tidak langsung masuk ke dalam rumah. Kemudian dengan adanya jendela terbuka beranda di lantai atas,  membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah dan kemudian tersalurkan ke lantai dasarnya lewat patio.

taman di dalam rumah
Sumber : archdaily

Uniknya lagi, bagian lantai dasar rumahnya ditinggikan sehingga berbeda dengan ketinggian jalanannya. Hal ini membuat penghuni dapat melihat ke arah lahan parkir kendaraan. Pagar paling luar yang sangat tinggi tentunya memberikan privasi pemilik rumah dengan padatnya jalanan di luar huniannya. Unik banget kan, rumah ini?!

taman di dalam rumah
Sumber : archdaily

Untuk memasuki hunian ini, terdapat dua pintu masuk. Dinding kaca pada bagian depan rumah ini tentunya mengekspos untuk tamu, namun karena ketinggian dari jalanan berbeda jadi tidak keseluruhan interiornya dapat langsung terlihat. Untuk jalur masuk tamu, terdapat tangga dengan taman mini dengan berbagai macam tumbuhan menghiasinya. Tangga tersebut mengarahkan tamu ke bagian teras sebelum memasuki ruang tamunya. Sedangkan pintu satunya lagi merupakan pintu dengan tangga yang langsung mengarah ke area patio dan dapur dari lahan parkirnya.

taman di dalam rumah
Sumber : archdaily

Di lantai satu ini terdapat berbagai macam fasilitas secara publik dan juga privat. Selain ruang tamu, patio dan juga dapur, juga terdapat kamar tidur utama dan area servis seperti toilet dan laundry.  Ruang tamu pada lantai ini terasa sangat luas dengan adanya patio. Tepat disebelah ruang tamu terdapat tangga menuju ke lantai atasnya. Adanya sofa yang nyaman, meja tamu yang rendah, serta televisi sebagai fasilitas hiburan dalam ruangan.

taman di dalam rumah
Sumber : archdaily

Dapur yang juga dilengkapi dengan area makan ini memiliki tampilan yang sangat menonjol. Adanya dinding berlapis kayu menjadi vocal point pada ruangan terbuka ini. Dapur yang terlihat elegan dan juga lengkap sangat menyenangkan untuk penghuni yang menyukai kegiatan memasak. Adapun meja makan yang panjang dan luas yang dapat digunakan untuk acara besar di dalam rumah ini.

taman di dalam rumah
Sumber : archdaily

Hal yang menjadi bintang utama dalam hunian ini yaitu keberadaan patio yang memang terasa sangat asri dan menyegarkan. Area patio dirancang dengan pepohonan dan juga kolam air. Bagian langit-langitnya didesain dengan skylight. Untuk dudukan kayunya juga difungsikan dengan rak buku di bagian bawahnya. Penghuni tentunya bisa duduk sambil membaca buku yang tersedia. Ditambah lagi dengan kesegaran alami, membuat pikiran lebih jernih ketika sedang bersantai atau membaca buku.

taman di dalam rumah
Sumber : archdaily

Atau mau bersantai sambil melihat pemandangan di sekitar rumah, area balkon yang juga ditanami dengan tanaman hijau kayak gambar di atas ini, pun bisa menjadi alternatif buat sang penghuni rumah.

2 COMMENTS