Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
membersihkan lantai dapur
Sumber : 99.co

Karena dapur itu rentan dengan aktivitas masak-memasak, maka sudah pasti banyak sekali elemen minyak yang mengenai bagian dinding, meja hingga lantai dapur. Nah, rasa licin akibat minyak ini biasanya membandel, Sobat. Sehingga hanya dengan mengepel saja tidak cukup. Selain menimbulkan rasa ‘jijik’ di kaki karena licin, minyak membuat lantai menjadi kusam, dan lebih parah lagi, mengundang hama seperti kecoa. Nah, supaya menghindari kecelakaan, jatuh serta kecoa, nih ada sedikit trik jitu untuk membersihkan lantai dapur supaya mengkilap dan bersih. Seperti apa saja ya, tips dan triknya!

Mulailah membersihkan lantai dapur dengan menyerap minyaknya

Cipratan minyak masakan yang mengenai dinding, meja hingga lantai dapur adalah penyebab utama yang menyebabkan area dapur menjadi licin dan kotor. Sehingga saat Sobat Rooang pertama kali ingin membersihkan lantai dapur, langkah yang wajib dan harus dilakukan pertama kali adalah mencoba untuk menghilangkan dan menyerap si cipratan minyak tersebut.

membersihkan lantai dapur
Sumber : Kitchen Cabinet Kings

Material yang bisa menyerap minyak di lantai dapur itu misalnya tisu atau kertas koran. Tapi kan, kalau menghilangkan minyak pakai tisu akan boros banget deh! Jadi sebaiknya serap minyak yang ada di lantai dapur ini dengan kertas koran dengan menyeluruh hingga ke sudut-sudut lantai. Baru deh, setelah itu lantai dapur siap dibersihkan.

Taburi lantai dapur yang licin dengan garam atau terigu

Jika masih belum yakin bahwa minyak yang ada di lantai dapur hilang sempurna, mungkin Sobat Rooang bisa mencoba menaburi lantai tersebut dengan garam atau terigu. Lho, kenapa garam atau terigu?

membersihkan lantai dapur
Sumber : lifestyle.bisnis
membersihkan lantai dapur
Sumber : Merdeka

Soalnya ternyata, menaburkan garam atau terigu di atas lantai dapur yang berminyak, bisa menghilangkan minyak nih. Kemudian tunggu beberapa saat, Sobat. Baru setelah itu, Sobat Rooang bisa membersihkan sisa garam atau terigu yang digunakan dengan kertas koran baru.

Lanjutkan dengan pembersihkan memakai sabun cuci piring

Setelah sudah menaburi lantai dengan garam atau terigu, lanjutkan tahap pembersihan Sobat Rooang dengan menggunakan sabun cuci piring.

membersihkan lantai dapur
Sumber : Fab Lab Airedale

Campurkan satu sendok teh sabun cuci piring dengan air hangat, lalu usapkan pada lantai yang licin dengan spons lembut. Bilas dengan kain basah yang dicelupkan pada air hangat. Air hangat dipercaya akan mengangkat minyak terutama yang berada di belahan lantai.

Baru deh, dipel lantainya

Setelah semua proses di atas selesai dilakukan, berarti saatnya Sobat Rooang mengepel lantai dengan cairan pel seperti biasa. Diamkan lantai hingga kering, lalu sapu kembali untuk menghindari adanya sisa makanan atau remah-remah yang masih berada di lantai.

Baca juga : Cara Mengepel Lantai Yang Benar Sesuai Jenis Lantai

membersihkan lantai dapur
Sumber : Make-up by Berit

Mungkin Sobat Rooang bisa, menggunakan cairan pel yang memiliki aroma pinus atau cemara, sehingga membuat suasana dapur menjadi lebih segar dan tak lagi berbau amis.