Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
membuat teras rumah
Sumber : homelife

Membuat teras di rumah merupakan salah satu trik yang dilakukan banyak orang untuk mempercantik rumah. Selain itu, dengan keberadaan teras rumah ada banyak sekali manfaat yang bisa dimanfaatkan. Menjadikan suasana rumah lebih asri, membuat pemandangan sejuk di halaman rumah serta memperbanyak oksigen yang masuk ke dalam rumah. Apalagi di area perkotaan, wajib banget deh untuk membuat teras rumah! Nah, untuk memudahkan Sobat Rooang dalam menata dan membuat teras rumah, nih ada sedikit tips dan trik yang bisa diaplikasikan!

Membuat teras rumah dengan biaya yang murah, manfaatkan furniture lama

Menata teras memang kelihatannya sederhana, namun banyak orang yang kurang memahami penataan teras rumah sehingga membuat teras menjadi kurang indah. Padahal membuat penataan teras rumah yang cantik itu, bisa dengan biaya yang murah lho! Caranya adalah dengan memanfaatkan kembali furniture lama yang ada di rumah. Soalnya kan sayang uangnya, jika harus membeli furniture baru. Sedangkan kondisi furniture yang lama masih bagus dan layak pakai.

membuat teras rumah
Sumber : griyaanda

Lagipula furniture lama milik Sobat Rooang itu bisa di furnish ulang atau di cat ulang, untuk memberikan kesan segar dan baru! Dan tentu biayanya lebih murah daripada harus membeli furniture baru.

Perhatikan juga soal keberadaan tanaman

Dalam membuat teras rumah itu, selain keberadaan furniture ada lagi elemen lain yang wajib diperhatikan. Yaitu adalah soal keberadaan tanaman dan juga jenis tanaman apa yang ingin diletakkan di dalam teras rumah.

membuat teras rumah
Sumber : zionstar

Tidak menuntut untuk menempatkan banyak tanaman di teras, sih. Yang penting tempatkan tanaman secukupnya, dengan takaran yang mantap. Untuk membuat teras hunian milik Sobat Rooang terlihat lebih menarik.

Pilihan warna di dalam teras

Setelah itu, coba Sobat Rooang pikirkan mau menggunakan pilihan warna apa untuk dekorasi teras rumah.

membuat teras rumah
Sumber : decohoms

Warna yang dimaksud di sini, mulai dari warna lantai, warna dinding, warna bunga, dan elemen-elemen lainnya. Jika Sobat mampu menciptakan keserasian warna, bukan tidak mungkin desain teras hunian akan terlihat cantik dan berseri.

Pilih material lantai teras rumah yang unik

Dalam menciptakan teras rumah, lantai juga merupakan elemen yang tidak bisa dilupakan. Pasalnya, lantai merupakan elemen pokok dan memiliki porsi yang luas pada sebuah teras. Ada beberapa alternatif yang bisa Sobat gunakan dalam menciptakan lantai yang bagus. Sebagai contoh, dengan menggunakan keramik, baik keramik polos maupun bermotif.

membuat teras rumah
Sumber : ossports

Ada juga alternatif lain yang bisa sobat gunakan untuk lantai, yaitu dengan menggunakan karpet. Sobat bebas memilih karpet polos atau bermotif. Intinya satu, sesuaikan dengan konsep rumah agar terlihat lebih serasi.

Baca juga : Bagaimana Cara Memasang Motif Mozaik Pada Lantai Ruangan?

Sebelum membuat teras rumah, coba sesuaikan dengan budget yang kalian miliki

membuat teras rumah
Sumber : 123RF

Namun sebelum mendesain teras rumah, coba deh lakukan research kecil-kecilan untuk melihat konsep teras seperti apa yang sesuai dengan budget. Jangan hanya mengikuti hasrat, namun tidak mampu mewujudkannya. Jangan pula memaksakan kehendak, harus penuh perhitungan yang matang.