Konsep Tangga Ini Wajib Diperhatikan Untuk Keselamatan dan Kenyamanan Anak

Memiliki anak kecil hiperaktif dan suka bermain di usia kisaran dua sampai lima tahun, menjadi prioritas ibu-ibu untuk mendesain rumah dengan perabotan yang aman dan tidak mudah mereka jangkau. Tangga sebagai penghubung antar lantai cendurung sebagai tempat sensitif apabila dilewati oleh anak kecil, apalagi keinginan mereka untuk mencapai sesuatu, dapat membahayakan dan bisa berdampak negatif bagi fisik mereka seperti jatuh, terguling hingga terjepit di antara baluster. Untuk itu pemilihan dan konsep tangga untuk kenyamanan anak harus diperhatikan betul agar nyaman dan aman. Terutama saat balita dalam proses belajar merangkak, berjalan bahkan berlari.

sumber : pinterest

Membuat Ayunan Di Bawah Anak Tangga

Seringkali anak-anak meminta ibu untuk mengajaknya ketempat yang belum pernah mereka datangi, sebaiknya hal ini tidak menjadi kebiasaan ibu untuk memarahi anaknya dan memandang bahwa tangga itu membahayakan bagi tubuh si balita jika tidak berhati-hati dan didampingi. Berikan dia kenyamanan untuk tetap bisa melihat dan menaiki tangga. Misalnya dengan cara membuat ayunan di bawah anak tangga yang butuh diayomi dan naik kesisi ayunan pun dia tetap membutuhkan orang lain. Tidak seperti tangga yang bisa ia naiki satu persatu apabila terlewati oleh pengawasan orang tua.

sumber : pinterest

Konsep Tangga Untuk Kenyamanan Anak Buat Tangga Yang Multifungsi

Hanya sekedar dilewati tanpa memberikan kesan fungsional pada tangga boleh dihindari, karena bisa jadi anak-anak menyukai tangga dengan fungsi yang bisa mereka gunakan sebagai wahana menulis, menggambar, serta bermain. Namun, kewaspadaan tetap menjadi tanggung jawab orang tua dalam aktivitas yang mereka lakukan, salah satunya memasangkan railing (pegangan) tangga pada tembok sebagai penuntun anak untuk turun maupun naik dengan berhati-hati.

sumber : pinterest

Merancang Tangga Dengan Detail

Konsep yang biasa digunakan hanya mempercantik dan kurang memperhatikan keamanannya, serta bahan apa yang digunakan untuk tangga agar terlihat menarik dan unik. Bagi orang tua yang menyukai anak kecil dan dikelilingi oleh anak-anak sangat diwajibkan untuk memperhatikan konsep tangga apabila ingin membangunnya dengan nyaman, unik dan menarikpun tetap bisa terlihat kok asal fungsi utama keamanan jadi nomer satu.

Baca Juga: Mempercantik Tangga Rumah Yang Sempit Dengan Berbagai Ide Kreatif

Baluster : sebagai tiang-tiang penguat dalam setiap pijakan yang menjadi pegangan bagi anak anak

Railing : sebagai seretan tangga atas yang diatas tiang-tiang penguat

Anak Tangga : setiap langkah dan jarak untuk menyusun anak tangga baiknya diperhatikan agar mudah dilewati bagi semua kalangan, terutama bagi anak anak

Ibu Tangga : sebagai penopang kekuatan anak-anak tangga dari setiap pijakan, kekokohan ibu tangga dapat menjamin keamanan dan keselamatan apabila dilewati dengan baik.

Border : Pinggiran dari anak tangga

konsep tangga untuk kenyamanan anak
Sumber: otterrun

Membuat Ilustrasi Ataupun Gambaran Yang Unik

Hewan-hewan yang lucu kadang ditakuti oleh anak-anak apabila orang tua mensugestikan hal tersebut, untuk dapat melewatinya ia butuh orang lain untuk menuntun dan mendampinginya.

Jarak Antara Baluster Dekat

Kebiasaan anak selain melewati tangga, ia juga ingin masuk kedalam ruang sela-sela tiang tangga. Dengan memberikan jarak yang dekat, anak tidak akan terhimpit untuk mencoba memasukkan badan ataupun badan kedalam tersebut. Karenanya, jarak antara baluster termasuk salah satu poin dalam konsep tangga untuk kenyamanan anak yang perlu diperhatikan.

sumber : pinterest