1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
CONTRIBUTORGabriel Carmen Herriyanto – Universitas Kristen Petra Fakultas Seni dan Desain
Sumber : Homebnc

Tinggal di daerah tropis, khususnya Indonesia yang cenderung panas membuat kita harus menyesuaikan lingkungan udara sekitar. Oleh karena itu, pilihan rumah bergaya tropical sangat cocok diterapkan untuk rumah-rumah di Indonesia. Rumah bergaya tropical juga membersikan beberapa keuntungan yaitu menghemat listrik, dalam hal pemakaian pendingin maupun penerang ruangan, karena kebanyakan konsep gayanya open-plan. Rumah bergaya tropical yang menjadi tren belakangan ini, bisa terjadi soalnya gaya desainnya yang menyatu dengan alam mampu memberikan kesan nyaman bagi penghuninya. Lalu apa saja sih, trik-trik yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan gaya tropical pada hunian?

Pilih material yang sesuai untuk rumah bergaya tropical

Meskipun kebanyakan gaya tropical diterapkan pada villa-villa yang ada di Bali. Namun di zaman sekarang, sudah banyak banget lho rumah tinggal biasa menerapkan gaya tropical ini. Nah, supaya rumah tinggal dengan gaya tropical bisa terasa hangat dan nyaman, coba deh Sobat Rooang menggunakan material yang ramah lingkungan.

rumah bergaya tropical
Sumber : Pinterest
rumah bergaya tropical
Sumber : Pinterest

Contoh-contoh material yang ramah lingkungan ini misalnya, kayu, bambu serta batu alam. Penggunaan material kayu misalnya yang sesuai untuk penggunaan di lantai, bisa juga Sobat Rooang pilih antara jenis lantai parket atau vinyl. Sedangkan untuk material batu alam dan bambu, biasanya lebih cocok untuk diaplikasikan pada dinding dan plafon.

Rumah bergaya tropical pasti menonjolkan unsur alam melalui perletakan tanaman

Meletakkan tanaman hijau di beberapa sudut rumah sebagai aksen, mampu memberikan kesan tropical dan juga suasana ‘hidup’ di dalam ruangan.

rumah bergaya tropical
Sumber : Pinterest

Tapi jika Sobat ga mau repot, pilih saja tanaman pot kecil jadi hiasan di atas meja. Ya, sebagai pilihan alternatif saja sih! 

Pemilihan warna

Gaya tropical bisa juga diterapkan melalui pemilihan warna yang tepat. Piihlah warna-warna yang sesuai dengan alam misalnya warna cokelat, putih atau hijau. Jika memiliki budget lebih, menggunakan wallpaper yang bertekstur dedaunan atau wallpaper gradasi berikut ini, juga bisa membantu memberikan kesan manis di dalam ruangan.

rumah bergaya tropical
Sumber : Pinterest

Memilih perabot yang terbuat dari unsur kayu

Perabot yang terbuat dari bahan kayu atau finishing HPL, yang bertekstur kayu adalah salah satu pilihan yang bisa dipakai.

rumah bergaya tropical
Sumber : Pinterest

Selain itu, penggunaan perabot yang memiliki warna-warna kalem bisa juga digunakan untuk mengisi rumah ala tropical.

Kental dengan kesan santai

Kesan santai yang tercermin dari pemilihan gaya rumah tropical, bisa diperoleh dengan cara menambkan kursi gantung, sofa dan aksen tribal di teras hunian seperti inspirasi berikut ini!

rumah bergaya tropical
Sumber : Pinterest

Tambahan suara gemericik air dan keberadaan pot bunga di atas meja teras, akan semakin menambah kuat kesan santai lho!

Baca juga : Gaya Interior Desain Rumah Tropis Minimalis Indonesia

Penggunaan jendela kaca

Banyak terdapat bukaan memang menjadi satu esensi dari rumah tropis. Tujuannya adalah untuk mengatur sirkulasi udara yang keluar masuk di segala musim, serta memberikan kesan luas dan segar ketika berada di dalam rumah.

rumah bergaya tropical
Sumber : Pinterest