Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
SOURCEHalo Sehat
tidur tanpa bantal
Sumber : Zee News - India.com

Apa pernah Sobat Rooang tidur dengan tanpa menggunakan bantal? Jika pernah, apa akibat yang Sobat Rooang rasakan ketika bangun? Apakah badan terasa sakit hingga kepala juga ikut pusing? Jika itu yang Sobat rasakan, maka simak baik-baik ulasan berikut ini, deh! Soalnya ternyata tidur tanpa bantal itu punya efek yang bahaya buat kesehatan, ga percaya? Penjelasannya dikutip dari Halo Sehat nih!

Waspada jika harus tidur tanpa bantal

Sobat, menurut pakar kesehatan tulang dan kepala jika tidur tanpa menggunakan bantal itu sesungguhnya tergolong sebagai satu tindakan yang wajar, asal jika Sobat masih tidur di atas ranjang tidur yang layak. Meski pada kenyataannya manfaat tidur tanpa menggunakan bantal sangat banyak, namun bahaya tidur tanpa bantal tetap harus diwaspadai.

tidur tanpa bantal
Sumber: melovey
tidur tanpa bantal
Sumber : Pinterest

Karena ternyata kerugiannya dapat menyerang siapa saja, yang muncul akibat keadaan yatau karena kebiasaan buruk selama proses istirahatnya. Jadi Sobat Rooang juga harus waspada dan berhati-hati.

Tidur tanpa bantal ternyata punya 5 dampak negatif

Kegiatan tidur tanpa bantal ternyata dapat berbahaya jika, Sobat Rooang berada pada situasi sebagai berikut ini :

Tidur di lantai, menyebabkan paru-paru basah

Tidur di lantai tanpa menggunakan alas sangat berbahaya bagi kesehatan kepala dan paru paru. Karena uap air yang lembab dari lantai akan terserap tubuh dan menumpuk di bagian paru paru, kondisi ini yang akan menyebabkan terserang paru paru basah.

tidur tanpa bantal
Sumber : Zee News – India.com

Sedangkan ketika tidur di lantai tanpa menggunakan bantal maka kerugiannya adalah, kepala terasa pusing dan mata berkunang kunang akibat sakit kepala. Kejadian ini terjadi akibat kondisi lantai yang lembab bisa memicu berbagai polutan masuk ke tubuh, sehingga bisa menghambat aliran darah di dalam tubuh. Jadinya merasa pusing dan kunang-kunang deh!

Tidur di permukaan yang tidak rata bikin otot dan syaraf tubuh jadi tegang

Tidur tanpa bantal juga sering dilakukan ketika sedang bepergian ke gunung untuk camping. Nah, sering banget kan tidur di dalam tenda pada area gunung dan hutan ini permukaan tanahnya tidak rata. Udah gitu kan, saat dasar lantai permukaan tidak rata, leher bisa sakit, syaraf tubuh jadi tegang, kaku dan timbul pegal-pegal yang luar biasa.

Tertidur di tempat darurat malah menyebabkan insomnia

Bahaya tidur tanpa bantal memang tidak ada namun, ketika tertidur pada tempat yang tidak layak karena keadaan darurat, kehujanan ditengah perjalanan atau sedang tersesat jalan, maka resiko bahayanya akan muncul. Apalagi bagi yang terbiasa memakai bantal ketika tidur, sekali saja tidur tanpa bantal pasti ada masalah psikologi yang menimpa yaitu jadi insomnia.

Tidur saat posisi duduk terlalu lama, menyebabkan punggung jadi sakit

Tidur dalam kondisi duduk menyebabkan tubuh bagian bawah terus menerus menopang tubuh bagian atas, dengan mengandalkan tulang punggung dan kekuatan jaringan pinggang. Maka sudah pasti otot tegang akan terasa di bagian punggung, bahu, leher dan kepala. Jadi bikin sakit tubuh Sobat Rooang, kan?!

tidur tanpa bantal
Sumber : Legal Beagle

Keadaan ini bisa lebih baik, jika kepala dalam kondisi tersanggah oleh sebuah bantal kecil yang empuk.

Memperlambat proses penyembuhan penyakit

Bahaya tidur tanpa bantal pada penderita sakit, adalah dapat menyebabkan proses penyembuhan penyakitnya semakin melambat. Tak heran jika rumah sakit menganjurkan para pasiennya untuk menggunakan bantal.

tidur tanpa bantal
Sumber : PBS

Semoga informasi di atas, memberi manfaat bagi para Sobat Rooang sekalian.