Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
dapur terasa tidak nyaman
Sumber : Style at Home

Sobat Rooang merasa dapur terasa tidak nyaman dan penuh? Jika iya, berarti Sobat mengalami beberapa kesulitan bergerak dan beraktivitas dong ketika sedang ada di dapur? Kalau dibiarkan terus-terusan, tidak bakal bagus untuk kesehatan Sobat lho! Padahal sebenarnya ukuran dapur di rumah tidak sempit, lalu kira-kira apa penyebab dapur terasa tidak nyaman?

Dapur terasa tidak nyaman karena ukuran peralatan memasak tidak sesuai

Ukuran peralatan-peralatan masak yang digunakan ada baiknya disesuaikan dengan ukuran dapur. Misalnya tidak membeli lemari kulkas yang terlalu besar, jika ukuran dapur di rumah kecil.

dapur terasa tidak nyaman
Sumber : Freshome

Sebab, menyesuaikan ukuran peralatan dan berbagai furniture dapur dengan ukuran dapur adalah cara bijak untuk menghindari dapur terasa tidak nyaman.

Membeli barang-barang secara berlebihan hingga membuat dapur jadi sumpek

Memang ada banyak perabotan, furnitur serta peralatan yang dibutuhkan keberadaannya di dapur. Namun membeli semuanya secara sembarangan dan tanpa perhitungan pun, bisa berakibat buruk. Apalagi jika pengaplikasian perabotan yang terlalu banyak tersebut asal-asalan, bisa dipastikan deh, dapur Sobat akan terkesan penuh.

dapur terasa tidak nyaman
Sumber : decoholic

Sehingga untuk mengatasinya, Sobat Rooang bisa mempertimbangkan pengaplikasian furnitur yang multi fungsi. Misalnya menggunakan meja dapur yang juga memiliki tempat penyimpanan di bagian bawahnya seperti ini.

Penataan barang-barang yang sembarangan

Barang-barang berceceran di atas meja dapur, padahal seharusnya barang-barang tersebut dapat disimpan rapi dalam satu lemari kabinet. Agar tak terus-terusan membuat Sobat Rooang merasa tak nyaman karena dapur terasa penuh, ada baiknya jika segera merapikan barang-barang tersebut dan menatanya dengan rapi dalam kabinet.

dapur terasa tidak nyaman
Sumber : A Couple Cooks

Tidak langsung membereskan barang-barang setelah memasak

Kebiasaan untuk menunda membereskan barang-barang yang sudah dipakai adalah sebuah kebiasaan buruk. Apalagi jika Sobat melakukannya secara rutin di dapur. Maka perasaan tidak nyaman untuk berlama-lama ada di dapur pasti muncul, ketika kalian sering menunda untuk mencuci atau membereskan barang-barang yang sudah selesai dipakai.

dapur terasa tidak nyaman
Sumber : 168 Fitness

Baca juga : Membersihkan Dapur Dari Noda Lemak Bekas Makanan Ternyata Mudah

Dapur terasa tidak nyaman sebab kurangnya pencahayaan

Penyebab lain dapur terasa seperti sumpek, penuh dan tidak nyaman adalah karena tidak adanya sumber pencahayaan yang cukup di dalam ruangan.

dapur terasa tidak nyaman
Sumber : Pinterest

Padahal seperti yang Sobat Rooang semua ketahui bahwa pencahayaan memegang peran penting dalam keindahan dan menciptakan efek luas pada ruangan. Oleh karena itu, jangan biarkan dapur kekurangan pencahayaan, baik itu cahaya alami matahari atau cahaya lampu tambahan. Karena kurangnya pencahayaan merupakan salah satu penyebab dapur terasa penuh.