Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
desain rumah jepang
Sumber : idesignarch

Banyak pemilik hunian dan arsitek yang menggunakan prinsip-prinsip rumah Jepang setiap kali mendesain sesuatu. Ciri khas desain rumah Jepang yang selalu terlihat nyaman dan hangat, menjadikan banyak orang suka dengan konsep desain huniannya. Dari tampilan alami hingga minimalis, berbagai desain hunian ala Jepang memang menjadikan suasana hunian lebih nyaman dan santai. Tapi ternyata ada 7 prinsip yang harus Sobat ketahui, ketika ingin mendesain rumah ala Negeri Sakura ini. Apa saja ketujuh prinsip desain tersebut? Mari bersama-sama temuka jawabannya di bawah ini!

Desain Rumah Jepang Selalu Menghadirkan Furniture Yang Simpel

Dalam banyak hal, satu prinsip desain rumah Jepang yang paling gampang adalah melihat model furniturenya yang super simpel.

desain rumah jepang
Sumber : are

Model furniture yang simpel dan bentuk-bentuk meja, kursi serta rak yang ga ribet, memudahkan para penghuni untuk bebas beraktivitas di dalam hunian. Inilah pesona dari konsep desain hunian ala rumah-rumah Jepang.

Banyak Menggunakan Pintu Geser

Karena rumah di Jepang itu menerapkan konsep yang terbuka dan tidak banyak sekat, jalur sirkulasi di dalam hunian terasa lebih nyaman. Batas-batasruangan seringkali dibatasi oleh pintu geser atau pintu jendela geser, yang punya manfaat untuk membatasi ruangan dengan tidak mengurangi space yang tersedia.

desain rumah jepang
Sumber : gestalten
desain rumah jepang
Sumber : furnizing

Model pintu geser Jepang ini dikenal otentik dengan adanya pelapis pintu yang transparan dengan kerangka kayu.

desain rumah jepang
Sumber : Pella Windows & Doors

Namun kini, di era modern desain atau model dari pintu geser ini terbuat dari panel kaca. Pintu seperti ini juga membuat cahaya alami masuk ke dalam ruangan sehingga bagian dalam rumah terang tanpa penggunaan lampu.

Mengaplikasikan Tanaman Di Dalam Hunian

Konsep desain rumah ala Jepang menjadi paling mudah dikenali dengan adanya tanaman hijau di dalam hunian. Tanaman bambu menjadi salah satu jenis tanaman indoor yang sering diaplikasikan pada rumah-rumah Jepang. Mengingat tanaman ini tumbuh subur di daerah Jepang sana.

desain rumah jepang
Sumber : Medium

Adapun memberikan bukaan seperti jendela yang lebar juga membuat udara dan aroma dari lingkungan sekitar masuk ke dalam rumah. Selain itu, pemandangan luar yang dapat dilihat dari dalam rumah, memberikan efek untuk menenangkan pikiran.

Selalu Memakai Material Bambu Atau Kayu

Karena rumah ala Jepang selalu mengusung konsep alami, maka pemakaian elemen material kayu dan bambu sebagai pengisi rumah jadi sesuatu yang wajib digunakan. Untuk menambah kesan alami dan natural, penggunaan kayu atau bambu di dalam hunian membuat suasana ruangan jadi lebih nyaman.

desain rumah jepang
Sumber : idesignarch

Ada “Genkan” Pada Area Masuk Rumah

Kata “genkan” tentunya terasa asing bagi kita. Tapi rrea ini juga biasa disebut ruang mudroom, yang merupakan area dimana terdapat rak untuk meletakkan sepatu.

desain rumah jepang
Sumber : Decoist

Desain Kamar Mandinya Selalu Ada Bak

Seperti halnya tanaman, elemen air menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam hunian nyaman Jepang. Adanya bak mandi di dalam kamar mandi juga menjadi salah satu poin plus untuk menenangkan diri setelah kepenatan aktivitas sehari-hari.

desain rumah jepang
Sumber : furnizing

Pencahayaan Alami dan Buatan yang Pas

Pencahayaan ruang dan juga hiasan yang tidak berlebihan sangat berpengaruh pada kenyamanan rumah. Perletakkan lampu sembari membiarkan cahaya di siang hari masuk ke dalam rumah, tentunya harus dipikirkan saat merancang hunian.

desain rumah jepang
Sumber : home-designing
desain rumah jepang
Sumber : dezeen

Karena tampilan yang estetik pada desain hunian Jepang tidak hanya berasal dari material ataupun furniturenya saja. Namun juga berasal dari banyaknya cahaya alami yang masuk ke dalam rumah.