Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
keunggulan utama
Sumber : shutterstock

Penggunaan material bangunan berbobot ringan kini memang semakin populer, Sobat. Tidak hanya material baja ringan yang digunakan untuk struktur bangunan rumah, kini salah satu bahan baku pembuat dinding, yaitu bata ringan, juga sangat diminati dan mulai bata konvensional. Selain karena sifatnya yang ringan, apa saja sih keunggulan utama bangunan yang dibuat dari material bata ringan? Simak penjelasannya di sini yuk!

Keunggulan utama dari bata ringan adalah dari proses pembuatannya

Sifatnya yang ringan namun solid sehingga tetap tahan terhadap goncangan menjadi satu dari sekian banyak keunggulan bata ringan. Selain itu, ternyata metrial bata ringan ini juga lebih terjamin kualitas materialnya.

keunggulan utama
Sumber : homebunch

Berbeda dengan batako atau bata merah yang proses produksinya masih dilakukan secara tradisional, bata ringan merupakan material fabrikasi yang diproduksi menggunakan mesin canggih, Sobat. Bahan bakunya saja terbuat dari beton yang dicampur dengan pasta alumunium. Sehingga memang si bata ringan ini memang jauh lebih kuat dibandingkan dengan bata merah pada umumnya.

Keunggulan utamanya yaitu bisa disetarakan dengan beton

Karena terbuat dari campuran bahan yang sama dengan bahan pembuat beton, bata ringan ternyata juga memiliki ketahanan yang sama kuatnya dengan beton, lho!! Sehingga satu lagi keunggulan utama bata ringan ini ternyata, memenuhi standar bahan bangunan tahan gempa!

keunggulan utama
Sumber : shutterstock

Tak heran, kalau bata ringan awalnya lebih populer digunakan sebagai bahan bangunan untuk gedung-gedung bertingkat dan mall.

Bisa jadi insulator bangunan yang baik

Selain memperingan dan memperkuat ketahanan bangunan, bata ringan juga punya keunggulan utama yaitu menjadi insulator bangunan secara utuh. Soalnya pori-pori di permukaan bata ringan, dipercaya mampu menyerap panas udara dari luar bangunan dan mempertahankan suhu dingin di dalam ruangan.

keunggulan utama
Sumber : shutterstock

Selain itu, karena bentuknya cukup solid dan padat, bata ringan juga termasuk material bangunan yang kedap suara untuk menghalau suara bising masuk ke dalam ruangan.

Pemasangannya tergolong cepat

Karena bata ringan memiliki dimensi yang lebih presisi dan tingkat kerataan permukaan yang lebih baik, inilah yang jadi keunggulan utama dari bata ringan. Dengan permukaan yang rata dan ukuran yang presisi, hal ini jelas akan mempercepat proses pengerjaan konstruksi bangunan, kan?!

keunggulan utama
Sumber : shutterstock
keunggulan utama
Sumber : shutterstock

Menjadikan proses finishing dinding lebih mudah

Dalam tahapan finishing pembuatan dinding, dinding yang tersusun dari bata merah perlu dilapisi dengan plester aci untuk memperhalus permukaannya. Sedangkan bata ringan  tidak memerlukan lapisan lagi lho, untuk menghaluskan permukaannya, soalnya permukaan bata ringan sendiri sudah halus dan rata.

keunggulan utama
Sumber : homebunch

Sehingga dinding bata ringan bisa langsung di cat untuk finishingnya! Atau dibiarkan terbuka jika menginginkan tampilan dinding ekspos pun juga bisa.

Dan harganya bata ringan ini terjangkau loh!

Jika menggunakan bata ringan sebagai bahan untuk membangun rumah, Sobat bisa menghemat biaya pemakaian plester sebanyak 50 persen. lho. Selain itu, proses pemasangan bata ringan yang lebih praktis dan cepat juga dapat mengurangi biaya harian para pekerja bangunan.

keunggulan utama
Sumber : homebunch

Apakah Sobat tertarik menggunakan bata ringan sebagai material bangunan untuk membangun rumah impianmu?