1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
ruang keluarga mungil
Sumber : HGTV

Persoalan jumlah permintaan rumah tinggal yang terus meningkat, sedangkan total lahan yang tersedia semakin terbatas mengakibatkan banyak desainer atau developer membangun rumah-rumah mungil sebagai solusinya. Sehingga, yang jadi kendala adalah ketika ruang keluarga yang kita miliki di rumah ukurannya mungil. Gimana caranya untuk mengubah ruang keluarga mungil tersebut supaya bisa terlihat menarik dan cantik? Nih, sedikit tips, trik serta inspirasinya untuk Sobat Rooang semua!

Pilih warna ruangan yang terang

Untuk membuat tampilan ruang keluarga mungil terasa lapang dan besar, Sobat wajib untuk mempertimbangkan dengan matang mau pakai warna apa buat desain interiornya.

ruang keluarga mungil
Sumber : manufacturus

Soalnya pilihan warna yang tepat, bisa membantu untuk memberi kesan luas pada ruangan yang sempit. Berikan sedikit warna mencolok sebagai aksen, akan menjadikan tampilan ruang keluarga yang mungil terlihat lebih cantik loh!

Ruang keluarga mungil bisa tampil cantik dengan konsep terbuka

Maksud dari konsep terbuka yang diaplikasikan pada ruang keluarga mungil pada hunian adalah, dengan meniadakan penyekat ruangan. Sehingga letak ruang keluarga yang biasanya ada di tengah-tengah hunian bisa dibuat menyatu dengan ruang makan dan dapur.

ruang keluarga mungil
Sumber : thelittledesigncorner

Artinya, Sobat Rooang bisa membuat ruang keluarga dengan konsep open plan, kan?!. Sehingga ruangkeluarga yang tadinya berukurang mungil dan sempit, jadi terkesan lebih luas deh.

Pilih model furniture yang bisa digeser-geser

Karena ukuran ruang keluarga yang mungil pastinya Sobat juga harus memilih model furniture yang tepat, kan! Dimulai dari memilih model furniture yang berukuran compact, multifungsi dan bisa digeser-geser sesuai kebutuhan.

ruang keluarga mungil
Sumber : csisweep

Kalau furniture yang dipilih mudah untuk digeser-geser kan, ruang keluarga jadi bisa dibuat multifungsi, Sobat! Bisa dibuat meeting, belajar, bermain hingga dibuat untuk bermalas-malasan.

Desain sumber cahaya yang merata ke seluruh penjuru ruangan

Agar ruang keluarga mungil pada hunian Sobat tak terasa sempit, pastikan ruang keluarga mendapatkan cahaya yang cukup dan menyebar rata ke seluruh ruangan ya. Jika cahaya matahari dirasa kurang, Sobat Rooang bisa menambahkan lampu di sana.

Baca juga : Membuat Pencahayaan Yang Ideal Untuk Ruang Tamu

ruang keluarga mungil
Sumber : elblogdeldecorador
ruang keluarga mungil
Sumber : Pinterest
ruang keluarga mungil
Sumber : Freshome

Atau bisa juga dengan menggunakan bantuan cermin untuk memantulkan cahaya. Apalagi cermin juga bisa memberi kesan ruangan terasa lebih luas lho.