Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
sebelum membeli rumah
Sumber : Redfin

Keinginan untuk mempunyai rumah tinggal sendiri pasti jadi impian semua orang. Oleh karena itu, bermacam-macam sistem dan tipe yang bisa digunakan untuk membantu Sobat Rooang membeli rumah sudah sangat banyak. Namun, sebelum membeli rumah baru, ada baiknya Sobat untuk memperhatikan tiga hal utama berikut ini. Apa saja 3 hal penting tersebut? Simak sedikit penjelasannya di bawah ini!

Sebelum membeli rumah baru, perhatikanlah soal suku bunga

Membeli rumah memang bisa dilakukan kapan saja. Karena menyangkut sebuah keputusan besar, banyak orang yang diliputi keraguan sbelum membeli rumah. Namun, kini rasa ragu itu bisa diminimalisir dengan beberapa cara, Sobat. Salah satu caranya adalah dengan rajin meilhat suku bunga di pasaran.

sebelum membeli rumah
Sumber : rbcwealthmanagement
sebelum membeli rumah
Sumber : Your Mortgage

Biasanya, suku bunga di pasaran akan naik atau turun sesuai dengan kondisi ekonomi negara. Maka, untuk mengetahui kenaikan dan penurunan suku bunga, Sobat juga harus mengetahui besaran suku bunga beberapa tahun sebelumnya. Nah, bila Sobat merasa suku bunga tahun ini cukup rendah, maka sebaiknya Sobat segera mengajukan permohonan KPR ke bank. Tidak hanya ke satu bank, Sobat juga wajib membandingkan beberapa bank untuk mencari bunga terendah.

Segera beli rumahnya ketika harganya rendah

Jika kita membeli barang, tentu diusahakan membeli dengan harga rendah. Itu juga yang harus dilakukan Sobat sebelum membeli rumah. Masalahnya, harga rumah  setiap tahun pasti naik. Bahkan jika terjadi penurunan, maka penurunannya pun tidak signifikan. Sehingga artinya, ada waktu di mana harga lebih rendah.

sebelum membeli rumah
Sumber : Locations Hawaii

Sobat juga bisa mendapatkan harga rendah ini dengan tidak hanya mengincar satu properti. Dengan begitu, Sobat pun bisa melakukan perbandingan untuk properti yang lebih rendah harganya.

Pastikan ada dana yang tersedia

Saat ingin membeli sebuah rumah, tentu saja Sobat harus memiliki dana terpisah yang siap digunakan untuk membeli rumah tersebut. Karena mau membeli secara tunai atau lewat kredit pemilikan rumah (KPR) tetap saja membutuhkan yang namanya uang. Jika Sobat telah memiliki cadangan dana darurat sebesar 6x pengeluaran bulanan, pemasukan yang stabil, dan rasio utang serta rasio pembayaran yang cukup. Bila semuanya telah terpenuhi, maka keputusan membeli rumah pun menjadi keputusan yang tepat.

sebelum membeli rumah
Sumber : moneyforhousesokc
sebelum membeli rumah
Sumber : Bankrate

Sebab, membeli rumah merupakan sebuah keputusan finansial. Karenanya, kesiapan keuangan menjadi hal penting dan diperlukan. Sehingga sebelum membeli rumah, memang Sobat benar-benar harus berpikir dengan matang. Supaya tidak menyesal di kemudian hari.