Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
pagar yang aman dari pencuri
Sumber: Istimewa

Karena faktor keamanan, pagar rumah bukan hanya berfungsi untuk mempercantik dan melengkapi tampilan fasad depan rumah, tapi juga berfungsi untuk melindungi rumah. Apalagi saat akan ditinggal bepergian dan tidak ada yang menjaga rumah, keamanan pagar menjadi semakin penting supaya rumah aman dari tindak kejahatan yang tidak diinginkan. Tapi gimana sih caranya membuat pagar aman dari pencuri?

Agar Pagar Aman Dari Pencuri Itu Harus Perhatikan Ketinggiannya

Sobat Rooang pasti sudah tahu bukan kalau ketinggian pagar itu sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan rumah? Nah, memiliki pagar yang tinggi itu memang biasanya relatif lebih aman dari pencuri. Mengingat biasanya pagar tinggi akan lebih susah dipanjat oleh pencuri, serta privasi lebih terjaga karena dari luar rumah akan kesulitan melihat isi atau keadaan dalam rumah.

tips pagar aman dari pencuri
Sumber: livedesain

Tapi sayangnya, memiliki pagar yang terlalu tinggi dan terkesan tidak proporsional dengan desain rumah, justru akan membuat rumah terlihat kurang menarik. Segi estetika keindahan rumah akan terganggu.

Karenanya supaya fasad rumah tetap indah namun keamanannya tetap terlindung, ukuran pagar yang ideal adalah sekitar 170cm atau sekitar seukuran tinggi orang dewasa.

Pemilihan Bahan Pagar Juga Harus Diperhatikan

Pagar rumah harus memiliki bahan yang kuat sehingga dapat melindungi rumah dengan baik, tidak mudah rusak dan awet. Usahakan Sobat Rooang juga memilih bahan yang kuat akan panas matahari dan cipratan air hujan.

Memilih bahan yang tembus pandang dapat membuat keadaan rumah terlihat dari luar. Selain berkaitan dengan privasi, tapi akan kurang aman juga jika rumah dalam keadaan kosong nih Sobat Rooang. Meski begitu, bahan yang terlalu tertutup juga tak terlalu bagus untuk pagar rumah. Karena efeknya, Sobat Rooang dianggap antisocial oleh tetangga-tetangga sekitar rumah.

pagar aman dari pencuri
Sumber: Istimewa

Pagar dengan bahan bata yang dikombinasikan dengan besi, termasuk bahan yang dapat dijadikan pilihan untuk pagar rumah Sobat Rooang. Selain kuat, pagar tersebut juga tampak minimalis, cantik, dan tidak terlalu tertutup atau terbuka.

Desain Pagar Bukan Cuma Untuk Gaya-Gayaan Lho…

Semakin berkembangnya model atau desain pagar, semakin mempermudah kita untuk memilih pagar yang sesuai dengan desain eksterior rumah. Tapi selain memperhatikan faktor keindahan desainnya, Sobat Rooang juga sebaiknya memperhatikan tingkat keamanannya ya. Misalnya tidak memilih pagar yang desainnya horizontal karena akan mudah dipanjat dari luar. Jangan lupa untuk memilih pagar yang tidak mudah dibuka serta dipanjat dari luar ya, Sobat Rooang.

pagar rumah
Sumber: Pinterest