Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
bangunan arsitektur
Sumber : archdaily

Fasad adalah wajah bangunan yang terlihat dari bagian eksterior atau luar. Dan pastinya setiap bangunan arsitektur itu selalu memiliki wajah atau fasad yang berbeda-beda, sesuai dengan fungsi serta tujuan keberadaannya. Dan prinsip seperti itulah yang digunakan banyak arsitek di dunia untuk menciptakan bangunan ikonik yang populer. Apalagi di masa kejayaaan aliran arsitektur modern, muncul beberapa bangunan arsitektur modern yang ikonik dan menakjubkan.

Bangunan arsitektur modern itu sebenarnya apa sih

Gaya arsitektur modern merupakan gaya arsitektur statis yang berkembang pada masa pra-industrial sebagai bentuk dari revolusi dari gaya arsitektur tradisional. Gaya arsitektur ini biasanya dikaitkan dengan gaya arsitektur yang berkembang pada era 1920an hingga 1950an.

bangunan arsitektur
Sumber : floresvaes

Arsitektur modern di pertengahan abad ke-20 adalah berkembangnya industri penerbangan dan juga perjalanan luar angkasa pada saat itu. Perkembangan ini memberikan inspirasi bentuk-bentuk gubahan aerodinamis dan juga lebih banyak eksplorasi penggunaan material besi pada dunia arsitektur.

Ciri khas wajah bangunan arsitektur modern

Tampilan wajah bangunan alias fasad dari gaya aliran arsitektur modern, memang sedikit mirip dengan konsep arsitektur minimalis. Bentuk geometris yang minim dekorasi dengan mayoritas menggunakan bahan beton, besi, baja dan kaca menjadi konsep bangunan bergaya modern lebih terlihat kokoh.

bangunan arsitektur
Sumber : Pinterest

Contoh bangunan arsitektur modern

Memang arsitektur modern memang secara keseluruhan hampir sama dengan model bangunan minimalis. Contohnya adalah rumah kaca yang ikonik di Amerika karya Philip Johnson berikut ini.

bangunan arsitektur
Sumber : Architect Magazine
bangunan arsitektur
Sumber : Curbed

Rumah kaca yang didesain dengan konsep sederhana kolom dan balok ini, tampil kokoh dengan rangka baja yang elegan.Dari luar tampilannya mirip sekali dengan salah satu karya arsitektur minimalis yaitu  Farnsworth House. Hanya saja perbedaannya terletak pada warna kolomnya saja. Glass house Philip Johnson berwarna hitam, sedangkan Farnsworth House berkolom putih.

bangunan arsitektur
Sumber : reputationpoll

Tidak sampai di situ saja Sobat, untuk bangunan lainnya yang bergaya modern nuansa elegan futuristik pun tampil nyata terlihat pada Burj Al Arab di Dubai ini. Gaya gedung yang futuristik ini, menjadikan arsitektur bergaya modern menjadi semakin dikenal oleh semua orang di penjuru dunia.

bangunan arsitektur
Sumber : tripsavvy

Contoh lain dari gaya arsitektur modern sekaligus dekonstruktif, bisa juga kalian lihat dari The Walt Disney Concert Hall  karya Frank Gehry yang nyentrik berikut. Meski fasadnya berupa lempengan baja, namun karena bentuk lengkungannya bervariasi maka dari luar bangunan ini jadi estetik banget kan?!

Selain bangunan di atas, mana lagi nih yang termasuk arsitektur modern?