Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
dapur penuh noda
Sumber : miignon

Dapur yang identik dengan makanan bersantan dan berlemak, pasti dekat dengan kuman. Oleh karena itu, ga mungkin banget, jika kita membiarkan kondisi dapur penuh noda tersebut berlama-lama. Soalnya nanti bakteri dan kuman bisa menyebar dan membuat seluruh hunian jadi kotor. Makanya, nih Rooang akan kasih tips dan trik untuk membersihkan dapur penuh noda akibat bekas makanan? Seperti apa tips dan triknya.

Dapur penuh noda dibersihkan dengan baking soda

Untuk membersihkan dapur penuh noda lemak bekas makanan bersantan dan berlemak, Sobat Rooang bisa menyiapkan baking soda dan air sebagai ‘pertolongan’ jitunya. Seperti yang diketahui, baking soda memang memiliki banyak manfaat. Dan salah satunya adalah bisa membantu Sobat membersihkan cipratan noda lemak.

dapur penuh noda
Sumber : Lifestyle
dapur penuh noda
Sumber : Serious Eats

Larutan baking soda dengan air ini dikenal ampuh untuk membersihkan dapur dari noda lemak membandel, Sobat! Cara menggunakannya pun gampang banget sih, cukup campurkan 2 sendok makan baking soda ke dalam 1/2 cangkir air. Kemudian aduk rata campuran tersebut hingga berubah wujud menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pasta dari baking soda ke panci, wajan dan peralatan masak lainnya yang terkena noda lemak membandel. Setelah itu bersihkan dengan spons halus yang sudah dicelupkan terlebih dahulu ke dalam air hangat, lalu lihat hasilnya! Panci, wajan dan peralatan memasak lainnya bersih mengkilap dari bekas noda lemak membandel.

Dapur penuh noda bisa juga diatasi dengan cuka

Kondisi dapur yang penuh cipratan noda tidak hanya ada di peralatan masak saja, namun juga bisa mengenai bagian kitchen backsplash. Dan tentunya noda-noda yang mengenai kitchen backsplash ini juga harus dibersihkan.

dapur penuh noda
Sumber : Homedit

Satu cara untuk membersihkan area kitchen backsplash ternyata cukup mudah. Sobat Rooang terlebih dahulu harus menyiapkan cairan cuka dan spons. Semprotkan cairan cuka pada area yang terkena noda kemudian diamkan beberapa menit, baru deh bersihkan dengan spons halus setelah itu.

Tapi, jangan lupa untuk membersihkan lantai dapur

Dapur tidak bisa tampil bersih sempurna sebelum area lantainya ikut dibersihkan. Karena cipratan noda lemak tidak hanya pada panci, meja dan dinding dapur saja, kan! Tapi area lantai dapur pun juga pasti terkena cipratan noda lemak, bukan?

dapur penuh noda
Sumber : RealHouseCleaning

Baca juga : Sedang Mencari Keramik Untuk Lantai Dapur? Ini Tipsnya

Nah, cara untuk membersihkannya juga sangat mudah kok! Cukup campurkan cuka, baking soda dan sedikit cairan pembersih kemudian siram pada lantai dapur yang kena noda lemak atau minyak. Diamkan selama 5 menit, baru deh keringkan dengan kain pel yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Gosok lantai dapur hingga bersih kesat.