Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
ide desain ruang baca
Sumber : DecorPad

Adanya ruang santai di dalam hunian itu bisa diwujudkan untuk beragam kegunaan. Salah satunya untuk difungsikan sebagai ruang baca yang nyaman dan memberikan kesan santai ketika berada di dalamnya. Untuk mendapatkan suasana yang pas, nih Rooang kasih panduan cara membuat ide desain ruang baca yang santai yang pas buat si kutu buku! Apa saja tips dan triknya? Ikuti penjelasannya di bawah ini!

Ide desain ruang baca di sudut ruang keluarga

Salah satu ide desain ruang baca yang lazim diterapkan para pemilik rumah, adalah memanfaatkan sudut-sudut area kosong yang ada di dalam ruang keluarga.

ide desain ruang baca
Sumber : Pinterest

Ada beberapa cara praktis membuat sudut ruang baca di ruang keluarga. Yang pertama adalah dengan menggunakan rak buku built-in storage. Lalu, rak-rak buku ini bisa diletakkan mengelilingi ruangan. Kemudian kamu tinggal menempatkan sofa empuk panjang di antara rak buku ini deh.

Memanfaatkan lorong panjang yang ada di rumah

Keberadaan lorong panjang yang suka berada di ruang transisi antara foyer menuju ruang keluarga, biasanya sering tidak dimanfaatkan dengan baik. Nah agar si lorong panjang ini jadi spot yang berguna di dalam rumah, Sobat bisa memanfaatkannya menjadi ruang baca loh!.

ide desain ruang baca
Sumber : decoist

Tinggal taruh sofa panjang kemudian pasang rak buku yang menempel di dinding, jadi deh satu ide desain ruang baca yang menarik! Dan supaya makin cantik, tambahkan karpet bermotif.

Manfaatkan ruang kosong di bawah tangga

Sisa ruang kosong yang pasti ada di bawah tangga, juga bisa dimanfaatkan lho menjadi sebuah ruang baca yang nyaman.

ide desain ruang baca
Sumber : Hongkiat

Karena lokasinya yang terisolir membuat ruang baca ini jadi tempat yang cukup tersembunyi dan nyaman, dan Sobat bisa berkonsentrasi untuk memahami buku yang sedang dibaca.

Membaca dan bersantai di area loteng

Memanfaatkan ruang kosong di sudut-sudut hunian sebagai ruang produktif pastinya tidak mudah. Namun bukan berarti tidak bisa, kan?! Seperti contohnya ruang loteng yang sering digunakan sebagai gudang penyimpanan barang-barang bekas, ternyata bisa digunakan sebagai tempat yang menarik untuk hunian.

ide desain ruang baca
Sumber : Conservatory Ideas
ide desain ruang baca
Sumber : Book Glow

Yap, tempat menarik itu adalah ruang baca. Mendesain ruang baca di dalam loteng, malahan bisa jadi satu tempat bersantai yang maksimal, Sobat. Kenapa? Soalnya area loteng yang ada di lantai paling atas dan tersembunyi, menjadi satu keuntungan untuk para Sobat Rooang yang ingin bersantai sambil membaca buku dengan tenang.

Sudut ruang baca di dalam ruang kerja

Kalau membuat sudut ruang baca di dalam ruang kerja ini, biasanya dilakukan oleh para orang-orang yang punya kesibukan super tinggi. Jadi mereka membuat ruang baca yang menyatu dengan ruang kerja, biar menghemat waktu mobilitas dan efisiensi.

ide desain ruang baca
Sumber : houzz

Buat window nook di dalam kamar tidur

Gaya desain window nook ini biasanya selalu diaplikasikan pada kamar tidur. Alasannya sih simpel, sambil beristirahat di dalam kamar tidur kalau lagi suntuk kan bisa ambil buku bacaan favorit, lalu duduk deh di atas window nook berikut!

ide desain ruang baca
Sumber : decoist

Ide desain ruang baca di dekat jendela

Aspek yang perlu diperhatikan dalam ide desain ruang baca yang ideal adalah aspek pencahayaan dan pertukaran udara. Sehingga mendesain satu sudut ruang baca di dekat jendela ini jadi favorit kebanyakan kutu buku!

ide desain ruang baca
Sumber : decoist

Sinar alami dan udara dari luar yang melewati celah ventilasi membuat suasana ruang baca menjadi lebih sejuk dan menenangkan. Untuk mendapatkan kenyamanan maksimal, meletakkan armchair dan standing lamp unik akan semakin membuat Sobat nyaman dalam membaca dan bersantai di sudut membaca ini.