Reading Time: 2 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
Sumber: decoholic

Untuk membuat ruangan mungil agar berfungsi lebih maksimal, memang dibutuhkan sedikit trik khusus. Termasuk juga saat akan menata ruang makan yang berukuran mungil agar tetap nyaman dan tampak cantik. Pasalnya, menyiasati ruang makan mungil agar nyaman dan cantik itu gampang-gampang susah lho Sobat Rooang.

Apalagi ruang makan bukan hanya berfungsi sebagai tempat untuk makan, tapi juga bisa digunakan untuk berkumpul sambil bercengkerama nih Sobat Rooang. Karena ruang makan yang menyenangkan juga dapat memberi mood dan kesan yang menyenangkan saat makan bersama keluarga.

Pastinya, Cahaya Di Ruang Makan Harus Cukup…

menyiasati ruang makan mungil
Sumber: designsponge

Intensitas cahaya dapat mempengaruhi kesan ruangan. Jadi demi menciptakan ruangan yang terkesan luas, diperlukan cahaya yang banyak pada area tersebut. Untuk mendapatkannya Sobat Rooang bisa memanfaatkan cahaya alami matahari atau dengan penggunaan lampu. Supaya tak monoton, Sobat Rooang juga bisa aplikasikan lampu hias di ruang tamu. Karena selain berfungsi untuk memaksimalkan cahaya, penggunaan lampu hias pada area ruang makan juga membuatnya tampak lebih indah dan menarik.

Menyiasati Ruang Makan Mungil Dengan Perabotan Multifungsi

cara menyiasati ruang makan mungil
Sumber: Pinterest

Tak cukup hanya dengan cahaya yang cukup, Sobat Rooang juga bisa menyiasati ruang makan mungil dengan menggunakan perabotan-perabotan yang multifungsi. Misalnya dengan menggunakan meja yang bisa dilipat. Sehingga saat tak digunakan, Sobat Rooang bisa menyimpan meja tersebut atau menggunakannya untuk keperluan lain.

Perabotan Berkaki Pendek Untuk Memberi Efek Luas

Ruang makan di rumah-rumah Jepang banyak menggunakan meja berkaki pendek. Nah, Sobat Rooang bisa meniru trik tersebut untuk membuat ruang makan yang mungil pun jadi terkesan lebih luas karena efek lenggang di dalam ruangan. Selanjutnya Sobat Rooang bisa menentukan ingin menerapkan konsep lesehan atau kursi. Sehingga saat membeli meja pun lebih bisa disesuaikan dengan keinginan.

Baca Juga: Sederhana, Ini Cara Bikin Ruang Makan Yang Nyaman

Menghias Sih Boleh Saja, Asal…

Jika ingin mempercantik ruang makan mungil, Sobat Rooang boleh saja kok untuk menghias area tersebut dengan hiasan-hiasan cantik. Perhatikan tema desain interiornya agar dekorasi tersebut lebih menyatu yaa. Hindari menghias ruangan secara berlebihan untuk menyiasati ruang makan mungil tersebut agar tak terkesan semakin penuh.

menyiasati ruang makan yang mungil
Sumber: apartmenttherapy

Pilihan Warna Harus Tepat Juga Ya…

Warna yang dapat memberi efek luas pada ruang makan mungil adalah warna-warna netral yang cerah dan lembut, seperti warna putih. Namun jika ingin menggunakan warna lain agar tak tampak monoton dengan satu warna, Sobat Rooang bisa mengkombinasikan warna-warna tersebut melalui aksen tertentu atau aksesoris ruangan kok. Jadi ruang makan yang mungil tersebut tetap tampak luas dan cantik.