Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
piring makan keramik
Sumber : keeboshop

Tahukah Sobat Rooang jika, pemilihan peralatan makan seperti piring, ternyata berperan penting untuk menjaga kesehatan?! Karena jika salah dalam memilih material piring makan bisa berakibat fatal. Nah, supaya Sobat Rooang bisa hati-hati dalam memilih piring makan, sebaiknya sekarang simak deh beberapa keunggulan yang dimiliki oleh piring makan keramik berikut. Penasaran kan, apa saja keunggulan yang dimiliki oleh piring berbahan keramik.

Piring makan keramik dibuat dari proses yang panjang

Pembuatan piring makan keramik tidaklah mudah, Sobat. Sebab, piring makan berbahan keramik ini diproses secara teliti oleh para pengrajin, agar bisa menjadi alat makan yang berfungsi maksimal bagi Sobat Rooang.

piring makan keramik
Sumber : face2face-english

Meski kini, prosesnya tidak lagi semuanya dilakukan oleh manusia, namun dari proses mencampurkan bahan keramik tapi setiap piring dibentuk satu per satu. Baru deh, setelah itu ada mesin khusus yang digunakan untuk mempercepat kerja manusia.

Dengan beragam motif, tampilan piring makan keramik jadi menarik

Selain proses pembuatannya yang dibuat dengan teliti dan hati-hati, tampilan piring makan keramik ini sudah lama dikenal cantik dan menarik! Dengan beragam corak atau motif yang dilukis di masing-masing desain piring, Sobat Rooang bisa memilih desain piring makan mana yang sesuai dengan konsep interior yang ada di dalam ruangan makan kalian lho!

piring makan keramik
Sumber : Anthropologie
piring makan keramik
Sumber : american-luxury

Dan karena tampilannya yang begitu menarik ini, tak jarang banyak pemilik hunian yang jadi mengoleksi piring makan dari keramik untuk dijadikan pajangan atau hiasan di rumah. Apalagi tampilan dari si piring-piring makan keramik ini kental banget nuansa vintage-nya, jadi akan pas banget jika dijadikan hiasan dekoratif untuk hunian Sobat Rooang yang memiliki konsep dekorasi interior ala-ala vintage.

Piring makan dari keramik itu aman buat kesehatan

Soal kesehatan sudah pasti tidak boleh dilupakan. Memilih bahan piring makan yang aman untuk kesehatan, wajib jadi pertimbangan utama Sobat. Karena itulah, banyak yang kini mulai memilih piring makan dari keramik, karena bahan piring yang terbuat dari keramik ini sangat aman untuk kesehatan tubuh manusia.

piring makan keramik
Sumber : ingredientsldn
piring makan keramik
Sumber : Pinterest

Soalnya peralatan makan yang terbuat dari keramik tergolong lebih aman jika digunakan untuk hidangan panas dan merupakan alat makan tahan panas, dari pada yang terbuat dari plastik, Mengapa? Soalnya dilihat dari proses pembuatannya, keramik memerlukan proses pembakaran dengan suhu 1500°C – 3000°C, sehingga bila dikaitkan sebab – akibat peralatan yang terbuat dari keramik lebih aman saat kita menuangkan hidangan panas ke dalamnya. Bahkan piring keramik ini bisa kita gunakan menghangatkan masakan di dalam microwave, loh!

Meski tampil warna-warni, cat yang digunakan aman kok!

Tapi kan piring keramik banyak yang dicat dan diwarnai macam-macam, memang masih aman? Pasti banyak deh, yang mempertanyakan hal ini. Tapi Sobat Rooang tenang saja, karena meski si piring makan dari keramik ini lazim tampil dengan warna mencolok jenis cat yang digunakan sangat aman. Sebab, setelah peralatan makan diberi cat proses pembakaran di suhu tinggi ± 1500°C – 3000°C, akan kembali dilakukan sehingga cat di piring keramik bisa terlihat mengkilap.

piring makan keramik
Sumber : jarrahotel
piring makan keramik
Sumber : mybatoo

Oleh karena itu, saat alat makan yang terbuat dari keramik dituangi masakan atau minuman panas atau bahkan kita masukan dalam microwave, tidak melepaskan residu atau zat kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Jadi kita tetap dapat menikmati cita rasa masakan dan minuman yang dihidangkan panas tanpa perlu khawatir.