Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tangga dan cerita sejarahnya
Sumber : Sebring Design Build

Sebelum membuat sesuatu atau membangun sesuatu, penting untuk Sobat Rooang mengetahui asal-usul atau cerita sejarahnya kan?! Begitu pula ketika ingin membangun tangga di dalam hunian. Ternyata tangga dan cerita sejarahnya, bisa jadi satu elemen penting yang wajib kalian ketahui sebelum membangun tangga pada hunian.

Penasaran kan, seperti apa inspiratifnya cerita sejarah sebuah tangga? Nih, penjelasannya hadir untuk para Sobat Rooang!

Tangga dan cerita sejarahnya, bermula dari peradaban Yunani

Berbicara soal tangga dan cerita sejarahnya, berdasarkan penelitian dari sejarawan dan arkeolog ada tangga tertua yang pernah dibuat di muka bumi ini ditemukan di Sicily. Tangga ini diperkirakan berusia 480 SM dan menjadi salah satu bagian pada candi dalam peradaban Yunani.

Kenali juga fitur-fitur dalam tangga

Tidak semua orang mengetahui,tentang apa saja fitur utama dari sebuah tangga pada bangunan. Paling mereka hanya mengetahui bahwa tangga berfungsi sebagai penghubung antar lantai dan terkadang difungsikan sebagai salah satu aspek dekoratif pada bangunan. Padahal sejatinya, tidak semua tangga memiliki bentuk dan perhitungan yang sama.

tangga dan cerita sejarahnya
Sumber : arginuring
tangga dan cerita sejarahnya
Sumber : Pinterest

Adapun fitur-fitur atau hal yang kerap kita jumpai pada tangga ada dua, yakni pijakan tangga dan anak tangga. Pijakan tangga merupakan bagian yang horisontal, tempat dimana kita menginjakan kaki pada tangga. Sedangkan anak tangga merupakan bagian yang vertikal yang digunakan untuk menghubungkan pijakan tangga satu dengan yang lainnya.

Beralih ke jenis-jenis tangga yang pernah ada

Setelah mulai paham,  tangga dan cerita sejarahnya maka saatnya Sobat Rooang mengenali beragam tipe atau jenis model desain sebuah tangga.

tangga dan cerita sejarahnya
Sumber : Decoist
tangga dan cerita sejarahnya
Sumber : jannermanor

Tipe atau bentuk tangga yang paling sering diterapkan pada bangunan adalah tipe lurus, spiral, bentuk “T”, dan bentuk “L”. Dari semua bentuk tersebut, bentuk atau model tangga yang lurus merupakan bentuk yang paling sederhana dimana setiap pijakan berada dalam satu alur.

tangga dan cerita sejarahnya
Sumber : Deavita

Sedangkan untuk bentuk tangga spiral cocok banget untuk hunian yang ingin menonjolkan sisi estetikanya!

Pilih bahan material tangga yang terbaik

tangga dan cerita sejarahnya
Sumber : Pinterest

Meskipun jenis bahan yang digunakan untuk tangga bisa bervariasi, namun aspek penting yang tak boleh luput dari sebuah tangga yakni ketahanan dan kekuatannya. Jadi mau membangun tangga dari kayu, baja, besi, atau beton, semua harus Sobat Rooang perhatikan betul ya, aspek ketahanan dan kekuatannya!!