Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tangga yang aman untuk anak
Sumber : Sebring Design Build

Tangga rumah termasuk salah satu bagian penting dari sebuah rumah. Tapi sering kali tangga juga jadi area yang cukup kurang aman, apalagi kalau ada anak kecil di rumah. Resiko terpeleset atau terjatuh dari tangga perlu dihindari melalui beberapa trik supaya tangga rumah lebih aman. Nah, supaya keberadaan tangga di rumah lebih aman ini lho yang harus dilakukan. Apa saja, tips dan trik untuk merancang tangga yang aman untuk anak?

Tangga yang aman untuk anak, ya harus pasang pegangan dong

Salah satu cara paling mendasar merancang tangga yang aman untuk anak adalah memasang pegangan.

tangga yang aman untuk anak
Sumber : damna.store

Supaya pegangan tangan tersebut tidak licin, Sobat Rooang bisa gunakan material yang kesat agar genggaman jadi lebih aman. Jangan lupa pastikan tingginya tepat agar tidak bisa dipanjat oleh anak-anak ya.

Jangan menggunakan jenis bahan permukaan tangga yang licin

Permukaan tangga yang licin bisa sangat berbahaya nih Sobat Rooang. Karena itu biasanya agar merancang tangga yang aman untuk anak jangan memilih bahan material permukaan lantai yang licin.

tangga yang aman untuk anak
Sumber : Sebring Design Build

Sobat bisa menggunakan material seperti marmer atau kayu yang lebih kesat. Selain itu, Sobat Rooang juga bisa pasang matras karet di atas permukaan tangga agar lebih aman.

Hindari penggunaan motif karpet yang membingungkan

Memasang karpet yang memiliki motif cantik atau mengaplikasikan cat dengan warna-warna yang cerah memang bisa membuat dekorasi tangga jadi tampak lebih cantik dan menawan. Tapi jika pengaplikasian dekorasi itu justru memberi kesan ilusi optikal yang membuat Sobat Rooang bingung saat lewat tangga, maka sebaiknya dihindari ya.

tangga yang aman untuk anak
Sumber : kellywearstler

Karena akan lebih aman kalau Sobat Rooang dapat melihat pijakan-pijakan tangga tersebut dengan lebih jelas.

Biar aman, pasang pencahayaan yang terang

Saat siang hari penerangan pada area tangga memang terlihat terang dan cukup. Tapi jangan lupa memperhatikannya saat malam hari ya, Sobat Rooang.

tangga yang aman untuk anak
Sumber : Sebring Design Build

Jika dirasa pencahayaannya kurang, pasang lampu tambahan untuk menghindari terpeleset atau terjatuh karena tangga yang kurang terlihat jelas ya.

Jangan menaruh banyak barang di tangga

Meletakkan terlalu banyak barang di tangga bisa membuat tangga tampak berantakan dan kurang menarik lho Sobat Rooang. Selain itu, benda-benda di tangga yang berantakan juga bisa mengganggu langkah saat melewati tangga. Apalagi jik Sobat tinggal bersama anak kecil, bakalan berantakan dan tidak aman deh kalau kebanyakan menyimpan barang-barang di tangga.

tangga yang aman untuk anak
Sumber : homedit

Jadi supaya tangga rumah lebih aman, ada baiknya Sobat Rooang memang tak meletakkan terlalu banyak barang di tangga demi keamanan dan kenyamanan. Jika ingin meletakkan vas bunga atau aksen dekorasi lainnya di tangga, pastikan untuk meletakkannya di area pinggir agar tak mengganggu