Reading Time: 3 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
wajah bangunan
Sumber : archicgi

Seperti yang kita tahu, fasad rumah adalah bagian sisi luar dari sebuah bangunan. Selayaknya desain interior rumah, fasad rumah juga memiliki banyak tipe sesuai gaya arsitektur. Tentu saja tiap gaya arsitektur punya ciri khas fasad rumah yang berbeda-beda. Nah, buat kamu yang sedang mencari inspirasi wajah bangunan atau fasad rumah tipe apa yang mau kamu aplikasikan untuk rumahmu, yuk kita simak beragam tipe fasad rumah berikut ini.

Wajah bangunan bergaya klasik

Fasad rumah klasik selalu menampilkan detail yang khas seperti panel-panel cekung pada atap, kolom bergalur, atau jendela dengan tepi molding.

wajah bangunan
Sumber : Real Estate View
wajah bangunan
Sumber : Pinterest

Kesan megah biasanya akan tampak ketika memandangi fasad rumah klasik. Bentuk simetris antara sisi kanan dan kiri pun kerap dijumpai. Fasad rumah klasik juga terbilang memiliki desain yang rumit pada pintu, jendela, hingga atap.

Selain klasik ada juga fasad neo-klasik

Fasad rumah neo-klasik memiliki beberapa ciri seperti, garis-garis yang lebih tegas dan bersih, serta terlihat rapi dan simetris. Selain itu, ada kolom-kolom yang berdiri tegak guna menopang atap. Fasad rumah neo-klasik umumnya datar dan memanjang, Sobat. Tapi berbeda dengan fasad rumah klasik, fasad rumah neo-klasik ini cenderung lebih minim dekorasi.

wajah bangunan
Sumber : houzz

Fasad rumah mid-century

Berkebalikan dengan fasad rumah klasik dan neo-klasik yang simetris, fasad rumah mid-century cenderung asimetris. Fasad rumah mid-century ini biasanya memiliki langit-langit yang datar dan banyak sudut.

wajah bangunan
Sumber : babywatchome

Di samping itu, fasad rumah mid-century modern berusaha berintegrasi dengan bagian dalam rumah. Pintu geser dengan kaca penuh membuat pandangan dari bagian dalam dan luar rumah tidak terhalangi. Sehingga unsur alam seperti tanaman hijau yang ada di halaman rumah, bisa digunakan sebagai ornamen untuk hunian itu sendiri.

Bangunan ala country, terlihat teduh

Bicara soal rumah country, kita disambut dengan fasad rumah yang teduh dan rindang. Dominasi unsur kayu dan desain yang klasik dan sederhana jadi ciri yang menonjol dari fasad rumah country.

wajah bangunan
Sumber : Southern Living

Wajah bangunan atau fasad rumah country biasanya dilengkapi oleh teras berbahan dasar kayu. Teras yang menonjol ke area taman ini memberikan sensasi segar dan alami. Hal ini ditambah dengan ornamen berupa tanaman-tanaman hijau dalam pot tanah liat.

Wajah bangunan bergaya minimalis

Pada tahun-tahun terakhir memang desain rumah minimalis rasanya makin tinggi peminat. Desainnya yang modern dan simpel justru membuat orang tidak jenuh. Fasad rumah dan arsitektur rumah minimalis juga tak kalah memukau, bentuk-bentuk geometri yang ‘tak berisik’ ditambah dominasi warna monokrom mampu membuat fasad rumah tampak bersih dan terang.

wajah bangunan
Sumber : architecturebeast

Meski begitu, wajah bangunan minimalis juga tidak hanya didominasi warna terang seperti putih, warna gelap seperti hitam justru bisa memunculkan kesan yang elegan. Di samping itu, fasad rumah minimalis juga menggabungkan beberapa unsur alam seperti batu alam dan kayu sebagai aksen.